Unesco: Situs Warisan Dunia di Mali Terancam Bahaya

redaksi.co.id - Unesco: Situs Warisan Dunia di Mali Terancam Bahaya Badan PBB Unesco mengatakan situs warisan dunia di Mali Tengah berupa rumah lumpur bersejarah terancam rusak...

31 0

redaksi.co.id – Unesco: Situs Warisan Dunia di Mali Terancam Bahaya

Badan PBB Unesco mengatakan situs warisan dunia di Mali Tengah berupa rumah lumpur bersejarah terancam rusak karena tidak mendapat perlindungan memadai di tengah ketidakamanan.

Kota Tua Djenna mencakup empat tempat kuno dengan hampir 2.000 rumah, yang fasad dekoratifnya utuh sejak abad ke-3 Sebelum Masehi. Bangunan itu sangat terkenal di Mali, yang juga memiliki kota kuno Timbuktu.

Panitia Pusaka Dunia mengatakan ketidakamanan menghalangi langkah untuk melindungi tempat itu dari kerusakan bahan bangunan, urbanisasi, dan erosi. Saat ini Mali masih menghadapi ancaman dari militan, serta politik separatis di utara.

“Pemerintah Mali sedang menghadapi banyak tantangan,” kata Edmond Moukala, kepala Pusaka Dunia UNESCO di Afrika.

Keprihatinan tambahan muncul ketika tim yang mengunjungi tempat itu pada tahun ini menemukan tanda kerusakan. “Yang dibutuhkan sekarang adalah memastikan bahwa lembaga berfungsi dan menerima dukungan keuangan,” katanya.

Djenna, pusat pasar dan jaringan perdagangan emas lintas-Sahara, ditambahkan ke dalam Daftar Pusaka Dunia pada 1988. Timbuktu dan sebuah makam kuno di Gao masuk dalam daftar tempat dalam bahaya sejak 2012.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!