Luar Biasa, 'Nenek' Ini Kuat Berlari Hingga Lima Olimpiade

redaksi.co.id - Luar Biasa, 'Nenek' Ini Kuat Berlari Hingga Lima Olimpiade Keriput telah menghiasi wajah Jo Pavey. Urat-urat di kaki dan tangannya juga terlihat jelas. Tak...

14 0

redaksi.co.id – Luar Biasa, 'Nenek' Ini Kuat Berlari Hingga Lima Olimpiade

Keriput telah menghiasi wajah Jo Pavey. Urat-urat di kaki dan tangannya juga terlihat jelas. Tak perlu melihat lebih lama, wanita asal Inggris Raya ini sudah bisa ditebak: pasti tidak muda lagi.

Ya, Paveysaat ini memang telah berumur 42 tahun. Usia yang terbilang senja bagi kalangan atlet. Namun bukan berarti wanita kelahiranHoniton, Inggris itu sudah berakhir berhenti sebagai berlari.Sebaliknya, Paveyjustru akan tampil pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, 2016.

Hebatnya lagi, ini merupakan Olimpiade ke-5 Pavey. Seperti dilansir BBC, ibu dua anak itu menjadi atlet asal Britania Raya yang paling banyak tampil di pesta olahraga empat tahunan itu.Paveyjuga mencatat rekor sebagai atlet tertua yang memperkuat Britania Raya di Olimpiade tahun ini.

“Saya tidak pernah percaya saya masih mampu bersaing di usia saya saat ini. Rekan-rekan setim saya kini mulai memanggil saya “nenek”,” ujar Pavey dalam sebuah wawancara dengan radio BBC.

Paveymemulai petualangannyadi lintasan lari interasional pada tahun 1997. Tiga tahun berikutnya, dia kemudian tampil di Olimpiade Sydney2000 sekaligus debutnyadi ajangempat tahunan itu.

Paveygagal mendulang medali. Namun dia tidak patah arang dan kembali tampil di Olimpiade Athena 2004. Tampil di nomor 5000 meter, Paveyfinishdi posisi kelima. Ini merupakan prestasi terbaik yang mampu diraih pelari berambut pirang itu selama empat kali tampil di Olimpiade.

Setelah dua kali gagal, PaveySaat tahun 2005, Inggris diumumkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2012, Paveykembali bergairah. Saat itu dia bertekad untuk tetap tampil dan pensiun di London.

“Oh sayang sekali. Masa pensiun saya masih lama di tahun 2012, saya ingin sekali ikut Olimpiade di rumah sendiri. Saat itu saya tidak berpikir akan tampil lagi pada Olimpiade berikutnya,” ujarnya.

“Ketika Anda masih sekolah, Anda bermimpi tampil di Olimpiade. Tapi saya tidak pernah berpikir akan tampil di lima Olimpiade. Rasanya luar biasa,” katanya.

Meski sudah berusia 42 tahun, Paveysama sekali tidak khawatir. Sebaliknya, dia tetap berlatih keras demi mematangkan persiapannya menghadapi Olimpiade Riode Janeiro. Ditemani suami dan anak-anaknya, Paveymengaku sangat menikmati persiapan yang dijalaninya menuju ke Brasil.

“Kadang anak lelaki saya naik sepeda dan suami saya meletakkan anak saya pada kereta dorong atau menaruhnya di keranjang di belakang sepeda. Saya sangat menikmati gaya hidup saya.”

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!