Depok Tak Setuju PNS Antar Sekolah Anak Hari Pertama

redaksi.co.id - Depok Tak Setuju PNS Antar Sekolah Anak Hari Pertama Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyatakan Pemerintah Kota Depok tidak setuju dengan imbauan agar...

19 0

redaksi.co.id – Depok Tak Setuju PNS Antar Sekolah Anak Hari Pertama

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyatakan Pemerintah Kota Depok tidak setuju dengan imbauan agar Pegawai Negeri Sipil mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah.

Menurutnya, PNS yang mengantarkan anaknya sekolah di hari pertama bisa mengganggu pelayanan.

“Wah, jika PNS jangan lah. Kan bisa diantarkan keluarganya yang lain,” kata Pradi, Ahad, 17 Juli 2016.

Ia khawatir jumlah PNS Depok yang minim bisa mengganggu pelayanan jika telat datang ke kantor. “Apalagi hari Senin, banyak yang membutuhkan pelayanan. PNS kan bagian dari pelayanan,” ucapnya.

Menurutnya, aturan ini bisa disiasati dengan kehadiran keluarga lainnya, di hari pertama sekolah anaknya. Kehadiran orang tua pun, kata dia, bisa hadir ke sekolah sewaktu-waktu.

“Orang tua memang penting untuk mengetahui sekolah anaknya. Tapi, kalau tidak bisa hadir di hari pertama juga tidak perlu dipaksakan. Sebab kan ada tugas lain,” ucapnya. “Anak harus diberikan pengertian. Pas ambil rapor bisa hadir.”

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengedarkan surat bernomor 4 Tahun 2016 yang berisi imbauan kepada aparatur sipil daerah agar dapat mengantar anaknya pada hari pertama sekolah.

Ia juga meminta gubernur dan bupati memberikan dispensasi kepada mereka untuk bisa memulai pekerjaan setelah mengantar anaknya ke sekolah.

Anies berargumen, kehadiran orang tua pada hari pertama dapat mendorong adanya interaksi antara orang tua dan guru di sekolah untuk membuat komitmen bersama serta mengawal pendidikan anak hingga setahun ke depan.

Ia juga mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah. IMAM HAMDI

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!