6 Pemain Inggris Raya yang Pernah Berseragam Real Madrid

redaksi.co.id - 6 Pemain Inggris Raya yang Pernah Berseragam Real Madrid Real Madridtak hanya diperkuat pemain-pemain dari Spanyol, namun juga berbagai negara lainnya, termasuk Inggris Raya....

18 0

redaksi.co.id – 6 Pemain Inggris Raya yang Pernah Berseragam Real Madrid

Real Madridtak hanya diperkuat pemain-pemain dari Spanyol, namun juga berbagai negara lainnya, termasuk Inggris Raya. Hingga saat ini, sudah ada enam pesepak bola asal Inggris Raya yang pernah membela El Real.

Jika digabungkan, keenam pemain tersebut sudah mencetak 94 gol. Saat ini, Gareth Bale adalah pemain keenam dari Inggris Raya yang memperkuat Madrid, dan masih aktif bermain.

Bale yang ditebus dari TottenhamHotspurpada 1 September 2013 merupakan pemain asal Inggris Raya yang paling sukses bersama Real Madrid. Total, pemain 27 tahun tersebut sukses mempersembahkan lima gelar juara buat Madrid.

Berikut ini Bola.commerangkum perjalanan karier enam pemain Inggris Raya di Real Madrid:

Laurie Cunningham

Laurie Cunningham tidak hanya menjadi pemain Inggris pertama yang bermain untuk Real Madrid, namun juga merupakan pemain kulit hitam kedua yang masuk timnas Inggris. Cunninghamyang datang ke Santiago Bernabeu pada 1979, sangat dicintai fans Real Madrid, dan mendapat julukanBlack Pearl atau mutiara hitam.

Musim pertama di Madrid, yakni 1979-1980, dia berhasil mencetak delapan gol. Dia juga merupakan pemain Real Madrid terakhir yang menerima standing ovation dari fans Barcelona di Camp Nou. Dalam laga yang dihelatpada 10 Februari 1980, Cunningham mencetak dua gol kemenangan Los Blancosatas Barca.

Namun, dia gagal melanjutkan penampilan terbaiknya tersebut. Sebab tiga musim setelahnya Cunningham lebih sering dicadangkan karena cedera. Real Madrid kemudian meminjamkanya ke Manchester United dan hanya tampil sebanyak lima kali dan mencetak satu gol.

Real Madrid juga meminjamkannya ke Sporting Gijon. Meski berhasil mencetak delapan gol dari 30 laga bersama Gijon, Madrid memutuskan untuk menjualnya ke Marseille pada 1984.

Selama hampir lima musim membela Real Madrid, LaurieCunninghamturut mempersembahkan satu trofi La Liga Spanyol, dan dua CopadelRey.

Steve McManaman

Pemain kedua Inggris Raya yang bermain di Real Madrid adalah Steve McManaman. Berjaya bersama Liverpool dengan mencetak 46 gol sejak 1990, McManaman memutuskan pindah ke Real Madrid pada 1999. Apalagi, dia mengimpikan bermain di luar Inggris.

“Ini adalah kesempatan bagiku untuk membuktikan diri di Eropa, dan saya memilih Real Madrid di antara klub top Eropa yang lain karena saya selalu berpikir Real Madrid sebagai klub yang menakjubkan,” ujar McManaman.

Bersama Real Madrid, McManaman mampu cetak sejarah. Dia adalah orang Inggris Raya pertama yang jadi kapten Real Madrid, tepatnya saat menghadapi tim FIFARest of the Worlddalam laga persahabatan untuk memperingati 100 tahun Los Blancos.

Selain itu, dia adalah pesepakbola Inggris pertama yang berhasil memenangkan Liga Champions dua kali dan keduanya bersama Real Madrid, yakni pada musim 1999-2000 dan 2000-2001.

Sejak 1999 hingga 2003, Steve McManaman telah mencetak 8 gol dalam 94 pertandingannya bersama Real Madrid.

David Beckham

David Beckham adalah bagian dari proyek Los Galacticos di Real Madrid tahun 2003, bersama dengan bintang-bintang lain seperti Zinedine Zidane, Luis Figo, dan Ronaldo.

Dia pun mampu menjadi salah satu pilar penting Madriddi lini tengah. Pada musim perdananya bersama El Real, yakni 2003-2004, Beckhammencetak tujuh gol plus 14 assist.

Selama empat musim membela Real Madrid, DavidBeckhammampu mempersembahkan satu trofi La Liga Spanyol dan gelar Piala Super Spanyol.

Jonathan Woodgate

Woodgatemerupakan pemain Inggris Raya yang kariernya tak berjalan mulus bersama Real Madrid.Direkrut pada Agustus 2004 dari Newcastle United, Woodgatelebih banyak berkutat dengan cedera.

Alhasil, dia pun lebih sering berada di ruang perawatan ketimbang di lapangan. Laga debutnya bersama Madridjuga tidak berlangsung baik. Menghadapi AthleticBilbaopada 22 September 2005, Woodgatemencetak gol bunuh diri dan diganjar kartu merah.Meski begitu, Real Madridberhasil membungkam Bilbaodengan skor 3-1.

Selama dua musim membela Los Blancosdari 2004 hingga 2006, JonathanWoodgatehanya mencetak satu gol dan bermain dalam 14 laga.

Michael Owen

Owen bergabung ke Real Madrid dari Liverpool pada 2004, dan merupakan bagian dari generasi LosGalacticos bersama Ronaldo, RaulGonzales, Luis Figo, Zinedine Zidane, dan David Beckham.

Dia berhasil mencetak 18 gol dalam 41 pertandingan bersama Real Madrid. Satu-satunya gol yang dia cetak di El Clasico adalah pada 10 April 2005. Saat itu, Owenmenyumbangkan satu gol dan turut membawa Madridmenang 4-2 atas Barcelona.

Sayang, Owenhanya semusim membela El Real dan dilepas ke NewcastleUnitedpada 24 Agustus 2005. Dia juga tak pernah sekalipun mengangkat trofi juara bersama Real Madrid.

Gareth Bale

Bale adalah pemain asalWales pertama dan pemain keenam dari Inggris Raya yang bermain untuk Real Madrid. Harga transfernya yang mencapai 100 juta euro, mampu dibuktikan Bale dengan jumlah gol serta trofi yang dipersembahkan untuk Los Blancos.

Meskipun belum memberikan gelar La Liga kepada Real Madrid, Bale sudah mempersembahkantrofi Liga Championsmusim 20132014 dan 20152016, Piala Dunia Antarklub 2014, dan Piala Super Eropa 2014. Total, GarethBale sukses mencetak 58 gol dari123 laga bersama Madrid.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!