Hindari 5 Hal Ini agar Liburan Anda Tidak Boros

redaksi.co.id - Hindari 5 Hal Ini agar Liburan Anda Tidak Boros Pada saat berlibur, tentu saja seringkali biaya yang harus Anda keluarkan membengkak dari perkiraan. Anggaran...

30 0

redaksi.co.id – Hindari 5 Hal Ini agar Liburan Anda Tidak Boros

Pada saat berlibur, tentu saja seringkali biaya yang harus Anda keluarkan membengkak dari perkiraan. Anggaran awal yang telah Anda atur dengan baik dari jauh-jauh hari menjadi tidak berguna karena banyaknya biaya tidak terduga.

Jangan sampai liburan Anda justru menghabiskan tabungan Anda. Anda harus mulai berhemat, dan menghindari beberapa hal yang dapat membuat Anda boros pada saat liburan.

Mengutip dari Bloomberg, berikut 5 hal yang harus dihindari agar liburan Anda tidak boros:

1. Beli cemilan di Bandara

Anda yang suka berlibur dengan pesawat terbang tentunya seringkali merasa jenuh menunggu kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Untuk menghabiskan waktu, biasanya Anda secara tidak sadar membeli cemilan, minuman, bahkan beberapa majalah, di mana harga barang-barang ini biasanya dijual lebih mahal di bandara.

Pembelian barang-barang ini memang tidak seberapa, tetapi tentu saja akan meningkatkan anggaran biaya tidak terduga Anda.

2. Biaya tambahan rental mobil

Sebelum datang ke tempat rental mobil, Anda harus mencari informasi tentang rental mobil. Selain mencari rental mobil yang murah, Anda juga perlu mengetahui berbagai biaya tambahan yang mungkin dikenakan pada saat Anda menyewa mobil.

Anda juga dapat bertanya kepada teman yang pernah merental mobil tentang tips agar dapat menyewa mobil dengan murah tanpa adanya biaya tambahan.

3. Biaya tambahan kartu kredit

Jika Anda pergi ke luar negeri, Anda harus berhati-hati menggunakan kartu kredit Anda. Anda harus memastikan ada tidaknya biaya tambahan yang akan dikenakan perusahaan kartu kredit Anda jika kartu tersebut digunakan untuk berbelanja di luar negeri.

Anda juga dapat mengecek berapa perbedaan nominal mata uang negara Anda dengan negara yang akan dikunjungi. Hal ini dapat menjadi perhitungan Anda tentang total biaya yang harus Anda bayarkan untuk kartu kredit Anda.

4. Berbelanja di tempat wisata

Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh maupun suvenir, Anda sebaiknya tidak berbelanja di tempat wisata. Seringkali jika Anda mengunjungi suatu tempat wisata, Anda akan langsung tertarik dengan berbagai pernak-pernik yang ditawarkan oleh toko suvenir tempat wisata yang dikunjungi.

Anda harus menahan diri, dan pergi ke tempat yang jauh dari tempat wisata, mungkin ke pinggiran kota. Di sana Anda bisa menemukan toko milik penduduk setempat yang menawarkan berbagai oleh-oleh dengan harga lebih murah dari tempat wisata, dan tentu saja dapat ditawar sesuai kocek Anda.

5. Makan di restoran

Jika Anda berada di rumah, Anda mungkin dapat makan siang mewah di restoran kesukaan Anda. Tetapi, jika Anda sedang berlibur, Anda harus menahan diri untuk tidak selalu makan di restoran.

Anda dapat mencoba makanan di warung pinggir jalan, maupun memasak sendiri makanan Anda. (Aldo Lim/Ndw)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!