Tips Berhemat dari Gaya Hidup Boros di Ibukota

redaksi.co.id - Tips Berhemat dari Gaya Hidup Boros di Ibukota Sebagian orang yang hidup di kota besar, dengan pola hidup yang cenderung konsumtif dan boros, rasanya...

18 0

redaksi.co.id – Tips Berhemat dari Gaya Hidup Boros di Ibukota

Sebagian orang yang hidup di kota besar, dengan pola hidup yang cenderung konsumtif dan boros, rasanya sulit untuk mulai belajar berhemat. Alasannya, selain merasa kesenangan akan berkurang, ketika berhemat, itu akan memerlukan adaptasi baik terkait makanan maupun hal lain yang awalnya terbiasa dengan yang maksimal, harus diganti dengan yang minimal.

Padahal jika dihitung- hitung, penduduk kota besar akan memiliki jumlah tabungan yang lebih besar, jika saja mereka mau berhemat dengan tidak terlalu memiliki keinginan untuk hidup mewah.

Salah satu hal yang terkadang membuat kita sulit berhemat adalah saat berbelanja. Ada banyak produk yang ditawarkan saat kita belanja, dengan harga yang bervariasi juga. Kualitasnya memang tidak usah diragukan.

Namun, dalam keadaan berhemat kita sebaiknya mulai menggunakan cara alternatif untuk bisa tetap hidup seperti biasanya, tanpa harus selalu menghamburkan uang untuk sesuatu yang kurang penting.

Berikut ini ada tips menghemat uang, yang mungkin bisa menginspirasi Anda

1. Hindari pengeluaran impulsif

Sebagian besar orang menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Untuk menghindari hal ini, kita bisa lakukan 2 hal berikut :

– Menempel Daftar Belanjaan

Berdasarkan penelitian dari Universitas Pensylvania menunjukkan bahwa orang yang dapat menghindari pengeluaran impuls dapat berhemat hingga 23 persen dari pendapatan mereka. Sebaiknya membuat daftar belanja agar pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.

– Jangan belanja dengan kartu kredit

Ini juga sering kali dilakukan oleh sebagian orang saat berbelanja, dengan tujuan ingin lebih cepat dalam melakukan transaksi. Padahal, menggunakan kartu kredit seperti virus yang membuat kita ketagihan untuk terus menggunakannya, apalagi jika ada promo menarik di dalamnya.

2. Memiliki Banyak Stok Makanan

Belanja saat sedang ada promo diskon untuk beberapa kebutuhan pokok, bisa jadi alternatif berhemat. Saat ada promo menarik, dan keuangan sedang baik, kita bisa membeli kebutuhan pokok kita dalam jumlah double.

Siapa tahu, di bulan berikutnya, makanan yang kita beli ini masih bisa dikonsumsi. Belilah makanan yang tahan lama, dengan begitu kita bisa lebih hemat untuk beberapa bulan ke depan.

3. Berbelanja dengan Harga yang Cocok

Berhemat saat berbelanja juga bisa dilakukan dengan cara berbelanja di toko kebutuhan yang menjual produknya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga kebutuhan pokok yang ada di supermarket atau di mall.

4. Sisihkan Sebagian Uang untuk Tabungan

Aturan menabung pastinya selalu ada di setiap kita akan berhemat. Jika setiap harinya pengeluaran rutin kita adalah untuk membeli makan siang di luar kantor, coba hitung berapa rupiah yang dikeluarkan setiap harinya untuk membeli makan siang, kemudian kalikan selama 1 bulan.

Jika hasilnya cukup besar, buatlah alternatif apakah pengeluaran ini bisa lebih diperkecil lagi. Jika bisa, sisanya simpan dan satukan dengan tabungan bulanan anda.

5. Berkendara dengan Memilih Kendaraan Bekas yang masih Baru

Saat ini ada begitu banyak jenis kendaraan yang bisa dipilih konsumen untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi yang akan mendukung aktifitasnya sehari-hari. Jika ingin berhemat, sebaiknya kita memilih untuk membeli kendaraan yang sudah lama atau bekas, tapi masih baru dalam hal mesin dan komponen lainnya.

Dengan begitu, kita tentu bisa lebih menghemat banyak uang dibandingkan membeli mobil baru, yang beberapa tahun ke depan juga harganya akan mengalami penurunan.

6. Membayar Seluruh Utang Kartu Kredit

Pernahkah Anda berpikir berapa jumlah uang yang sudah dikeluarkan untuk membayar utang setiap bulan. Seandainya saja tidak punya utang, maka uang tersebut bisa kita alokasikan ke dalam tabungan atau dana darurat kita, yang akan bermanfaat di masa yang akan datang.

Jika sekarang Anda memiliki hutang kartu kredit, usahakan untuk membayar sepenuhnya, agar tidak dipusingkan lagi dengan tagihan yang ada setiap bulan.

Ingat Setiap Ada Pengeluaran, Harus Menghemat

Sama halnya seperti membeli makan siang setiap harinya di luar kantor tadi, jika dikalikan selama 1 bulan dan jumlahnya besar, kenapa tidak kita coba untuk lebih menghemat lagi pengeluaran itu dengan cara mengurangi dan menyimpannya sebagai tabungan.

Lakukan itu di setiap ada pengeluaran lain. Hidup sederhana dengan keuangan yang teratur akan lebih baik, bukan.(Nrm/Ndw)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!