Keluhan Isyana Sarasvati di Depan Menteri Yasonna

redaksi.co.id - Keluhan Isyana Sarasvati di Depan Menteri Yasonna Pembajakan lagu telah membunuh industri musik Indonesia, begitu juga dengan kreasi para insan musik Indonesia. Hal itu...

33 0

redaksi.co.id – Keluhan Isyana Sarasvati di Depan Menteri Yasonna

Pembajakan lagu telah membunuh industri musik Indonesia, begitu juga dengan kreasi para insan musik Indonesia. Hal itu diakui oleh penyanyi muda, Isyana Sarasvati.

Pada konfrensi pers Forum Kekayaan Intelektual Nasional 2016, di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016), Isyana mengaku berharap pemerintah membantu para musisi mempertahankan hak mereka.

“Aku sebagai pekerja seni itu lebih bisa membantu warga men-dowload (red: mengunduh) secara legal. pemerintah lebih bisa membantu kami mengapresiasi karya kami,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly mengatakan bahwa pemerintah sadar soal hak para pekerja seni.

Melalui kordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Yasonna mengaku sudah menutup situs situs pembajak.

“Jadi kalau ada yang ditemukan web membajak, itu langsung nanti Menkominfo (menindak),” ujarnya.

Menurut Yasonna, memburu pelaku pembajakan, termasuk di dunia maya, bukanlah hal yang mudah.

Perkembangannya cara pembajakan, tambahnya, pun luar biasa. Karena walaupun pemblokiran sudah dilakukan, situs baru selalu bermunculan.

Bila masalah pembajakan bisa di atasi, selain para seniman keaejahteraannya terjamin, pemasukan untuk negara juga bisa meningkat dari industri tersebut.

“Ini diharapkan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan devisa kita ke depan,” jelasnya.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!