13 Alasan Pindah Kerja yang Sering Digunakan Pegawai

redaksi.co.id - 13 Alasan Pindah Kerja yang Sering Digunakan Pegawai Dalam dunia karir tak jarang kita temui para pekerja atau karyawan yang hilir mudik berpindah dari...

20 0

redaksi.co.id – 13 Alasan Pindah Kerja yang Sering Digunakan Pegawai

Dalam dunia karir tak jarang kita temui para pekerja atau karyawan yang hilir mudik berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Fenomena ini memang bukanlah hal yang aneh saat ini. Sebab karyawan yang juga seorang manusia memiliki perasaan yang naik turun dari motivasi kerja. Selain masalah motivasi kerja yang menurun, beberapa faktor dari luar yang menarik bagi karyawan juga bisa mempengaruhi mereka untuk pindah kerja. Lalu apa saja detail alasan umum yang biasanya diungkap para karyawan saat pindah kerja ke perusahaan lain? Berikut ulasannya.

Gaji Terlalu Kecil via professionalserviceshr.files.wordpress.com

Alasan pertama yang seringkali diungkap oleh para karyawan atau para pekerja adalah gaji yang dirasa kurang. Ketika seorang karyawan telah bekerja selama beberapa tahun dan mendapati bahwa gajinya tak kunjung naik, maka memang bisa jadi mereka akan memutuskan untuk resign (berhenti bekerja) dan berpindah ke perusahaan yang lain. Karyawan yang juga ingin memiliki masa depan yang cerah yang salah satu komponen pendukungnya berasal dari gaji maka sangat wajar bila kemudian karyawan ini menuntut kenaikan gaji jika mereka merasa sudah pantas mendapatkannya. Terutama bila mereka sudah bekerja dalam waktu yang sangat lama, maka loyalitas mereka memang peru dihargai dengan kenaikan gaji. Maka jika mereka tidak mendapatkannya, pindah kerja sangat mungkin bisa dilakukan para karyawan.

Faktor dari luar yang sangat bisa membuat karyawan pindah kerja adalah adanya tawaran menarik dari perusahaan lain. Sebuah tawaran yang menarik seperti gaji yang lebih besar dan lainnya memang sangat memungkinkan seorang karyawan untuk pindah kerja. Keterbukaan informasi mengenai status dan kinerja karyawan saat ini memang mudah untuk diketahui. Selain dari keterbukaan informasi, peluang mendapat tawaran yang lebih baik juga bisa didapat dari . Maka bila kemudian seseorang mendapat tawaran dari perusahaan lain atau dari aplikasi yang dikirimkannya, maka pindah kerja bisa saja terjadi.

Dalam bekerja kita memang akan berinteraksi dengan orang lain yang berstatus sebagai atasan kita, manajemen perusahaan dan juga dengan karyawan yang lain. Dari interaksi ini tidak menutup kemungkinan terjadi salah paham, miss komunikasi dan perdebatan hingga kemudian menimbulkan pertentangan. Keadaan hubungan yang buruk ini kemudian seringkali membuat seorang karyawan tidak nyaman di perusahaan. Jika hal ini sudah terjadi maka mereka yang mengalami hubungan interaksi buruk ini akan meninggalkan pekerjaannya dan berpindah ke pekerjaan yang lainnya.

Bekerja dengan rutinitas yang sama sehari-hari dan dalam waktu yang sangat lama memang akan membuat pekerja mengalami kejenuhan atau kebosanan. Maka jika rasa jenuh dan bosan ini sudah mencapai puncaknya maka tak menutup kemungkinan si karyawan yang mengalaminya ini akan berhenti bekerja dan berpindah kerja ke tempat yang lain.

Tantangan Baru viamidlifemacgyver.files.wordpress.com

Bagi beberapa orang atau karyawan, pekerjaan adalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Maka bila tantangan tersebut telah berhasil ia taklukkan dan tidak ada lagi tantangan yang baru maka mereka bisa jadi akan meninggalkan pekerjaan tersebut dan pindah ke tempat lain yang memiliki tantangan yang baru.

Bekerja di perusahaan memang akan membuat pekerja atau karyawan memiliki lingkungan yang baru. Nah di lingkungan yang baru ini mereka tentunya akan memiliki perasaan dan nilainya tersendiri. Jika lingkungan kerja tersebut nyaman maka mereka akan betah dan sanggup untuk berlama-lama bekerja disana. Namun bila lingkungan kerja di perusahaan tersebut ternyata tidak membuat dirinya nyaman maka hal ini akan membuat dirinya resah dan gelisah serta tidak betah dalam bekerja. Maka dari sini akan muncul pemikiran untuk segera meninggalkan lingkungan yang tidak membuatnya nyaman tersebut dan mencari lingkungan kerja yang baru yang bisa membuatnya nyaman. Kenyamanan memang faktor penting untuk membuat karyawan betah bekerja.

Dalam bekerja di sebuah perusahaan tentunya kita akan mendapatkan job desc atau daftar list pekerjaan yang harus dikerjakan dan diselesaikan. Sayangnya job desc yang biasanya diberitahukan pada karyawan pada saat penyodoran surat kontrak kerja tidak semua sesuai dengan realisasi di lapangan. Ada kalanya bahkan tak jarang dari perusahaan yang tiba-tiba memberikan beban kerja yang baru pada seorang karyawan. Tentu saja bagi beberapa karyawan yang sangat kritis pada job sekecil apapun yang menurutnya tidak sesuai dengan job desc yang diberikan di awal negosiasi maka mereka pun akan menganggap hal ini sebagai bentuk kecurangan. Dari sini maka mereka pun tak akan ambil pusing dan ragu untuk segera memutus kontrak dan berpindah pekerjaan.

Karyawan yang juga seorang manusia pastinya selalu memiliki hasrat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Bahkan tidak sedikit dari seorang pekerja atau karyawan yang bekerja hanya untuk menabung guna keperluan meneruskan ke pendidikan yang lebih tinggi . Dan saat tabungannya dirasa sudah cukup maka mereka pun bisa jadi akan berhenti bekerja dan melanjutkan studi.

Pindah Rumah viasite-fusion.co.uk

Hidup memang terkadang tak seperti yang kita prediksi atau yang kita rencanakan. Ada kalanya dalam hidup kita diharuskan untuk pindah rumah di lokasi yang baru yang jauh dari tempat bekerja. Nah saat ini terjadi menimpa para pekerja (karyawan) maka mereka mau tak mau harus berhenti bekerja dan berpindah ke perusahaan yang baru di lokasi rumah Anda tersebut.

Bagi para kaum wanita yang baru saja menikah, kemungkinan untuk pindah kerja memang sangat besar. Mengapa demikian? Sebab para wanita ini tak jarang harus ikut suami yang bekerja di kota lain. Maka saat mereka para karyawan wanita ini mengalami kondisi yang mengharuskan mereka ikut suami maka mereka pun harus melepas dan meninggalkan pekerjaannya dan beralih atau berpindah ke perusahaan lainnya di tempat atau kota suaminya berada.

Alasan berikutnya dari karyawan yang pindah pekerjaan adalah keinginan untuk berbisnis atau berwirausaha. Keinginan untuk menjadi entrepreneur memang selalu menjadi impian atau harapan dari kebanyakan . Maka ketika momen itu datang maka kemungkinan mereka untuk resign atau berhenti bekerja dan berpindah tentunya untuk membuka perusahaan baru akan semakin besar. Maka bila hal ini juga menimpa diri Anda, pastinya tak ada cara lain selain berhenti bekerja dan menjemput impian yang Anda idam-idamkan tersebut.

Selanjutnya, alasan yang juga sering diungkap karyawan untuk pindah kerja adalah keinginannya untuk ganti profesi. Ya, bisa saja apa yang dikerjakan oleh karyawan saat ini tidak membuat dirinya puas dan atau mungkin juga tidak sesuai dengan jati dirinya. Maka bila hal ini benar-benar menimpa para karyawan maka mereka sangat mungkin untuk kemudian memutuskan kontrak kerja dan beralih ke pekerjaan lain yang berbeda fungsi dan profesinya.

13. Tak Mendapat Apresiasi atau Penghargaan dari Perusahaan

Apresiasi yang Tidak Kunjung Didapat viathoughtsforday.com

Terakhir, alasan yang seringkali muncul dari seorang karyawan untuk pindah kerja adalah tak adanya bentuk apresiasi atau penghargaan dari perusahaan terhadap dirinya. Karyawan yang juga seorang manusia tentunya memiliki rasa untuk dihargai oleh orang lain. Maka ketika dirinya bekerja dan mengabdi pada sebuah perusahaan dan lantas tidak mendapatkan apresiasi atas apa yang dikerjakannya bisa jadi kemudian mereka akan kecewa. Dari kekecewaan ini maka tak menutup kemungkinan mereka kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dan berpindah kerja ke perusahaan yang lainnya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai beberapa alasan pindah kerja yang sering terjadi di dunia karir yang dialami oleh para pekerja (karyawan). Maka dari itu, bila Anda adalah salah satu orang yang bekerja sebagai karyawan, maka Anda juga bisa saja mengalaminya. Jika Anda memang benar-benar ingin menjadi karyawan sejati di sebuah perusahaan maka Anda harus bisa menghindari hal-hal di atas yang membuat Anda pindah. Namun bila Anda memang ingin menjadikan status pekerja atau karyawan ini hanyalah sebagai penghias hidup saja dan ingin menjadi pengusaha maka Anda juga bisa menjadikan hal ini sebagai alasan saat akan pindah kerja atau menghentikan status karyawan Anda.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!