Jokowi Batal Hadiri Hari Lingkungan Hidup di Riau

138

redaksi.co.id – Jokowi Batal Hadiri Hari Lingkungan Hidup di Riau

Presiden Joko Widodo batal menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tingkat nasional 2016 yang bakal digelar di Kabupaten Siak, Riau pada 22 Juli mendatang.

Berdasarkan informasi terakhir, kegiatan akan dibuka Wapres RI HM Jusuf Kalla berikut meresmikan Taman Nasional Zamrud dan menyerahkan beberapa penghargaan di bidang lingkungan hidup.

Hari ini Selasa (19/7) dikabarkan oleh Protokoler Pemprov Riau, tim Paspampres bakal berkunjung ke Pekanbaru. Kemudian langsung meninjau ke Kabupaten Siak, lokasi kegiatan peringatan HLH Sedunia 2016 yang bakal dikunjungi Wapres RI nantinya.

Presiden disebut-sebut lebih memilih berkunjung ke Provinsi Jambi untuk menghadiri sebuah kegiatan lainnya untuk kemudian melakukan Kunker ke Indonesia Timur pada saat bersamaan. Namun hal ini masih simpang siur karena belum ada informasi resmi dari Pemprov Riau.

“Kalau itu tanya langsung saja,” kata Gubri disinggung kenapa Presiden lebih memilih berkunjung ke Jambi dari pada ke Riau.

Gubri H Arsyadjuliandi Rachman ketika dikonfirmasi perihal batalnya kunjungan Presiden RI ke Riau, mengakui hal tersebut karena dikabarkan ada perubahan jadwal. “Jadi Pak Wapres yang hadir, kita maklum karena kesibukan Presiden tentunya,” kata Gubri kepada Riau Pos (Jawa Pos Group), Senin (18/7) di kantor Gubernur.

Meskipun segala persiapan kunjungan Presiden sudah dilakukan Pemprov Riau melalui beberapa kali rapat dan pertemuan di Jakarta. Baik bersama Kementrian LHK RI yang melaksanakan kegiatan peringatan HLH Sedunia 2016 tersebut, maupun dengan pihak istana, namun menurut Andi sapaan akrab Gubri, kehadiran Wapres yang menggantikan Presiden juga nilainya sebenarnya sama saja.

Pemprov Riau diakui Gubri, memaklumi kesibukan Presiden yang mengakibatkan batalnya kunjungan ke Provinsi Riau. “Persiapan tetap dilakukan, kita dalam posisi menunggu. Begitu juga untuk itu (Ground Breaking Tol, red),” sambung Gubri.

Memang direncanakan semula, dalam kunjungan Presiden RI nanti, selain menghadiri peringatan HLH Sedunia 2016 tingkat nasional. Juga diusulkan untuk meninjau berikut melakukan Ground Breaking Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai, kemudian beberapa proyek strategis nasional lainnya di Riau seperti peresmian PLTU Tenayan dan rencana pengerjaan rel Kereta Api Trans Sumatra.

Dengan batalnya kunjungan Presiden tersebut, maka kemungkinan juga peresmian dan Ground Breaking beberapa proyek strategis nasional di Riau juga ditunda. Ditambahkan Asisten II Setdaprov Riau Masperi, memang Pemprov sekarang masih menunggu kunjungan dan rapat finalisasi bersama protokoler Kepresidenan.

“Besok (hari ini, red) final rapat dengan protokol istana dan Paspampres dikantor Gubri, ditunggu hasilnya. Akan dirapatkan dulu,” singkatnya.(egp/aal/ray/)

(red/ochman/rief/RA)

loading...

Comments

comments!