Ini Pusat Lokasi Vaksin Ulang Korban Vaksin Palsu

116

redaksi.co.id – Ini Pusat Lokasi Vaksin Ulang Korban Vaksin Palsu

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Vaksin Palsu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan pengumuman resmi bahwa pelayanan vaksin ulang mulai hari ini akan dilayani di fasilitas-fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk oleh Bareskrim Mabes Polri dan Kemenkes, Rabu, 20 Juli 2016.

Fasilitas Kesehatan yang ditunjuk itu adalah RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, RS TNI/Polri, RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, Puskesmas Ciracas, RSUK Ciracas, dan seluruh puskesmas di wilayah DKI Jakarta.

Caranya, orang tua yang merasa anaknya diberikan vaksin palsu dapat mendatangi fasilitas rumah sakit yang telah ditunjuk dengan membawa buku vaksin untuk diperlihatkan ke petugas.

“Pendataan yang dilakukan rumah sakit sudah diserahkan kepada Bareskrim,” ujar Putri Jierly, pihak manajemen RS Harapan Bunda, Rabu, 20 Juli 2016.

Putri menjelaskan nantinya pelayanan vaksin ulang ini akan ditangani oleh fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk dan didampingi langsung oleh petugas Bareskrim dan Kemenkes.

Pelayanan vaksin ulang dipusatkan ke fasilitas kesehatan tertentu karena dianggap mengganggu kenyamanan dan keamanan pasien lain. “Banyak teman media dan provokator di sini,” mengganggu pasien lain, kata Putri.

Selain itu isu vaksin palsu ini telah dianggap sebagai permasalahan nasional, Isu nasional ditangani secara nasional, ujarnya. Vakin palsu ditenggarai beredar di RS Harapan Bunda pada Maret Juni 2016.

Vaksin yang dipalsukan antara lain vaksin Pediacel 3in1 untuk tetanus, disentri, dan pertussis, dan vaksinvaksin BCG untuk TBC. Distribusi vaksin palsu di rumah sakit ini dilakukan oleh suster dan dokter yang saat ini sudah diperiksa oleh polisi.

Sampai hari ini, RS Harapan Bunda masih membuka posko pendataan vaksin palsu bagi para orang tua yang nama anaknya belum terdata di Bareskrim. IQRA ARDINI | MS

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!