Jerman Peringkat Satu Negara dengan Energi Paling Efisien

105

redaksi.co.id – Jerman Peringkat Satu Negara dengan Energi Paling Efisien

American Council for an Energy-Efficient Economy (ACEEE) memberi penghargaan kepada Jerman sebagai negara dengan efisiensi energi tertinggi di dunia. Sementara Indonesia berada di posisi ke-18 tepat di bawah Rusia pada posisi ke-17. Dikutip dari Transmission and Distribution World, urutan kedua adalah Italia dan Jepang. Laporan itu juga menyebutkan Perancis dan Inggris di posisi empat dan lima. Jerman sejak beberapa tahun terakhir ini memegang rekor teratas.

Menurut Direktur Eksekutif ACEEE, Steven Nadel efisiensi energi berarti biaya terendah untuk memenuhi permintaan energi. Pemerintah biasanya mendorong investasi dalam efisiensi energi dan melaksanakan kebijakan pendukung menghemat uang warga. “Termasuk mengurangi ketergantungan pada impor energi dan mengurangi polusi,” kata Nadel pada Kamis, 21 Juli 2016.

Menurut dia, efisiensi energi memiliki manfaat dan potensi besar. Termasuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Dari catatannya, ada delapan negara tahun ini yang masuk papan atas. Yakni Indonesia, Belanda, Polandia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand, dan Turki. Laporan ACEEE juga menemukan bahwa Amerika Serikat peringkatnya naik, dari posisi 13 pada 2014, menjadi ke-8 pada 2016.

Urutan selengkapnya adalah: Jerman (1), Italia (2), Jepang (2), Prancis (4), Inggris (5), Cina (6), Spanyol (7), Korea Selatan (8), Amerika Serikat (8), Kanada (10), Belanda (11), Polandia (12), Taiwan (13), India (14), Turki (15), Australia (16), Rusia (17), Indonesia (18), Mexico (19), Thailand (20), Afrika Selatan (21), Brasil (22), dan Saudi Arabia (23).

Negara-negara tersebut adalah pemakai 75 persen seluruh energi yang digunakan di Bumi. Lebih dari 80 persen di antaranya menyerap dari produk domestik bruto (PDB) dunia. Di Amerika Serikat, efisiensi energi terjadi karena adanya perbaikan penggunaan energi. Termasuk negara lain seperti di Indonesia.

ACEEE melakukan penilaian ini dari beberapa kriteria. Antara lain dari sektor bangunan, industri, transportasi, dan upaya efisiensi energi di masing-masing negara. Jerman, kata dia, mencetak poin tertinggi dalam upaya memperbaiki bangunan. Sementara India dan Italia tercatat sebagai negara dengan efisiensi terbaik di sektor industri. Lalu Jepang terkait transportasi.

Pejabat di Kementerian Urusan Ekonomi dan Energi Jerman, Georg Maue mengatakan efisiensi energi memainkan peran kunci di Jerman. “Fokus Rencana Aksi Nasional Efisiensi energi (NAPE) pada proses inovatif industri, bangunan hemat energi, dan produk, serta investasi jangka panjang,” katanya. Pada 2050, Jerman memiliki target untuk mengurangi permintaan energi sebesar 50 persen. Termasuk mengurangi emisi karbon di negara itu. TD WORLD | AVIT HIDAYAT

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!