UI Luncurkan Bus Penumpang Bertenaga Listrik

redaksi.co.id - UI Luncurkan Bus Penumpang Bertenaga Listrik Universitas Indonesia (UI) meluncurkan "Molina UI-EV Bus" sebagai pelopor bus penumpang berkapasitas besar dan bertenaga listrik pertama di...

21 0

redaksi.co.id – UI Luncurkan Bus Penumpang Bertenaga Listrik

Universitas Indonesia (UI) meluncurkan “Molina UI-EV Bus” sebagai pelopor bus penumpang berkapasitas besar dan bertenaga listrik pertama di Indonesia yang dirancang bangun oleh Tim Mobil Listrik Nasional UI (Molina UI).

Rektor UI, Muhammad Anis, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa mendukung sepenuhnya upaya Tim Molina UI merancang bangun kendaraan listrik khususnya bus listrik untuk kampus UI.

“Secepatnya bus listrik ini akan difungsikan seperti layaknya bus kuning untuk mendukung visi UI sebagai green campus,” kata Anis.

Menurutnya, mengingat polusi udara dari waktu ke waktu semakin meningkat, diharapkan inisatif UI menggunakan mobil listrik di dalam kampus dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan angka polusi udara.

Selain itu, kata dia, upaya ini juga turut mendukung ketahanan energi di tanah air serta membudayakan kegiatan ramah lingkungan.

“Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, penelitian dan inovasi yang dikembangkan para sivitas akademika UI ini juga turut mengembangkan kompetensi mahasiswa UI untuk semakin menguasai teknologi dan tidak lagi tergantung pada industri mobil besar yang hanya menjadikan bangsa Indonesia sebagai konsumen saja,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan FTUI, Dedi Priadi menyampaikan FTUI memiliki visi untuk mengedepankan inovasi dan penelitian.

Menurut Dedi, peluncuran mobil listrik karya Tim Molina UI turut mendukung visi tersebut sehingga diharapkan teknologi ini ke depannya dapat diterapkan pada mobil konvensional berbahan bakar minyak.

“Diharapkan, upaya ini mampu merangsang para sivitas akademika FTUI lainnya untuk mengembangkan penelitian yang membawa manfaat bagi masyarakat dan dapat diserap oleh industri,” katanya.

Tidak hanya Bus Konversi Electric Vehicle (EV), Tim Molina UI juga merancang bangun tiga kendaraan listrik lainnya, yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02, dan City Car konversi (MEV) 03.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!