10 Fakta tentang David Moyes, Pelatih Baru Sunderland

redaksi.co.id - 10 Fakta tentang David Moyes, Pelatih Baru Sunderland Klub Liga Primer Inggris Sunderland menunjuk David Moyes sebagai pelatih baru klub. Pelatih asal Skotlandia itu...

10 0

redaksi.co.id – 10 Fakta tentang David Moyes, Pelatih Baru Sunderland

Klub Liga Primer Inggris Sunderland menunjuk David Moyes sebagai pelatih baru klub. Pelatih asal Skotlandia itu dikontrak selama empat tahun.

Moyes, mantan pelatih Everton dan Manchester United, menghadapi tugas berat untuk melanjutkan pekerjaan Sam Allardyce yang meninggalkan Sunderland untuk melatih Timnas Inggris.

Namun pengalaman belasan tahun di Liga Inggris akan menjadi senjata Moyes untuk mengangkat Sunderland yang dalam beberapa musim terakhir menjadi tim papan bawah liga.

Berikut 10 fakta David Moyes dilansir dari situs resmi Sunderland:

1. Bekas pemain bertahan

Saat masih aktif bermain, David Moyes adalah pesepakbola yang berposisi sebagai pemain bertahan. Dia pernah memperkuat klub Celtic, Dunfermline Athletic dan Preston North End.

2. Memulai karier di Islandia

Moyes memulai kariernya pada 1978 bersama klub Islandia IBV Vestmannaeyjar. Di klub itu ia bermain selama setengah musim bersama tim junior kemudian pindah ke Celtic dua tahun kemudian.

3. Tampil 540 laga

Pria kelahiran Glasgow, Skotlandia, sudah bermain sebanyak 540 penampilan liga selama berkarir di Liga Utama Skotlandia pada tahun 1980 hingga 1996.

4. Mulai melatih di Preston

David Moyes memulai karir kepelatihan bersama klub Preston North End pada tahun 1998 hingga 2002. Ia berhasil membawa Preston promosi ke Divisi Satu.

5. Selama 11 tahun bersama Everton

Setelah Preston, Moyes melanjutkan kariernya di Everton selama 11 tahun sejak 2002. Moyes membangun Everton menjadi klub papan tengah Liga Utama Inggris dan mengantar klub itu beberapa kali mengikuti kompetisi Eropa.

6. Tiga kali jadi pelatih terbaik

Selama melatih Everton, Moyes menyabet gelar pelatih terbaik dari Asosiasi Manajer Liga pada musim kompetisi 2003, 2005 dan 2009.

7. Bawa Everton ke Liga Champions

Moyes juga berhasil mengantar klub asal kota Liverpool itu duduk di peringkat empat klasemen Liga Utama Inggris atau berlaga di Liga Champions pada musim 2004-05.

8. Penerus Alex Ferguson

Sukses membangun Everton, David Moyes ditunjuk sebagai penerus pelatih Manchester United pada Mei 2013 untuk menggantikan Alex Ferguson yang mundur karena pensiun.

9. Dipecat MU, Pindah ke Spanyol

Moyes meninggalkan MU pada April 2014 kemudian bergabung dengan klub Spanyol Real Sociedad selama satu tahun hingga November 2015.

10. Catatan kemenangan

Cuma Alex Ferguson, Arsene Wenger dan Harry Redknapp yang memiliki catatan kemenangan Liga Utama Inggris lebih banyak dari David Moyes yang mengantongi 370 kemenangan dari 845 laga sebagai pelatih.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!