5 Hal Ini Sering Terlupakan untuk Persiapan Pensiun

redaksi.co.id - 5 Hal Ini Sering Terlupakan untuk Persiapan Pensiun Banyak orang tua yang sudah memasuki pensiun tidakmerencanakan pensiun dengan baik. Sebagian besar dari mereka menyesal.Karena...

14 0

redaksi.co.id – 5 Hal Ini Sering Terlupakan untuk Persiapan Pensiun

Banyak orang tua yang sudah memasuki pensiun tidakmerencanakan pensiun dengan baik. Sebagian besar dari mereka menyesal.

Karena hal ini sangat penting bagi masa depan Anda dan keluarga, tidak ada salahnya kita belajar dari kesalahan generasi orang tua kita dalam merencanakan pensiun.

Rencana keuanganapa saja yang biasanya terlupa dan dipersiapkan, padahal Anda sudah masuk masa pensiun?

1. Belajar mengenai bisnis dan keuangan

Meski pekerjaan yang Anda geluti tidak membutuhkan titel sarjana ekonomi, punya pengetahuan dasar mengenai bisnis dan keuangan dapat membantumu berinvestasi dengan baik.

Karena itu, tidak jarang seseorang yang masuki masa pensiun, akhirnya bingung saat ingin mulai berbisnis.

2. Gaji kecil dan akhirnya tidak berinvestasi

Merasa gaji kecil, selalu habis, dan akhirnya tidak (pernah) berinvestasi. Padahal, berapapun gaji Anda, sebaiknya sisihkan beberapa bagian untuk investasi. Sudah banyak bukti seseorang yang memulai investasi sejak dini, atau sabar membiakkan uang selama berpuluh puluh tahun, maka merasakan manfaat dan bahkan bisa melakukan traveling keliling dunia setelah pensiun.

3. Selalu bingung antara pembelian dan investasi

Membeli barang berkualitas tinggi yang awet adalah pembelian cerdas. Namun, jangan artikan itu sebuah investasi. Banyak orang bingung dengan dua hal ini. Ketahui benda seperti mobil dan pakaian mengalami depresiasi seiring berjalannya waktu. Bahkan sebuah barang seni sekalipun bisa menurun harga ketika selera pasar berubah.

4. Menabung lebih awal

Banyak dari generasi orang tua kita menabung terlalu sedikit dari jumlah yang mereka butuhkan untuk pensiun. Oleh sebab itu, menabung harus dilakukan sedini mungkin. Bahkan sekalipun jumlahnya kecil, misalnya, hanya senilai harga tiket bioskop, akan sangat berarti jika dikumpulkan dalam jangka panjang.

5. Jaga kesehatan dan punya perlindungan

Semua kerja keras yang Anda lakukan saat masih produktif tidak akan berguna bila Anda tidak mengurus diri dengan baik. Sebab, semua uang yang Anda kumpulkan akan terbuang untuk biaya pengobatan saatpensiun dengan kondisi kesehatan yang buruk.

Jaga kesehatan tidak perlu rumit dan mengeluarkan banyak uang. Anda hanya perlu menjaga makanan dan olahraga secara teratur. Hal terpenting, miliki asuransi kesehatan yang bisa setiap saat lindungi Anda dari kebangkrutan biaya kesehatan. (Ahm/Ndw)

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!