2 Pria Ini Berhasil Ubah Jamur Jadi Bisnis Furnitur

redaksi.co.id - 2 Pria Ini Berhasil Ubah Jamur Jadi Bisnis Furnitur Eben Bayer dan Gavin McIntyre berhsail mengembangkanbisnis furnitur dari jamur. Bahkan keduanya masuk daftarorang terkaya...

10 0

redaksi.co.id – 2 Pria Ini Berhasil Ubah Jamur Jadi Bisnis Furnitur

Eben Bayer dan Gavin McIntyre berhsail mengembangkanbisnis furnitur dari jamur. Bahkan keduanya masuk daftarorang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Bisnis yang diberi nama dengan nama Ecovative ini, memproduksi bahan alternatif sebagai pengganti plastik dan sterofoam dengan menggunakan jamur.

Saat ini, bahan alternatif tersebut digunakan Bayer dan McIntyre untuk bisnis furnitur, yang berhasil mengantarkan mereka berdua masuk daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Mengutip dari CNBC, Senin (25/7/2016) Bayer dan McIntyre awalnya memulai bisnis dari proyek kuliah. Pada 2006, mahasiswa teknik mekanik ini ditugaskan untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan di dunia, bahkan membuat bisnis dari ide tersebut.

Bayer dan McIntyre pada saat itu tertarik dengan ide jamur menjadi bahan pengganti untuk plastik, dan sterofoam.

“Kami berusaha mencari bahan alternatif untuk plastik dan resin, yang mencemari planet kita,” kata McIntyre.

Jamur sendiri mereka anggap sebagai alternatif terbaik. Jamur dapat didaur ulang secara alami, dan tidak mencemari lingkungan. “Kami sebenarnya memiliki peluang karier dan beasiswa menjadi arsitek, ujar Bayer.

Namun dirinya menolak hal tersebut, dan mendirikan bisnis dengan temannya, McIntyre.

Pada awal bisnis, kedua pria ini mengaku mereka kesulitan mencari investor terhadap bisnis mereka. Para investor umumnya tidak mengerti dan belum pernah mendengar jamur sebagai pengganti plastik.

“Tujuan kami sebenarnya: Kami ingin menjadikan jamur sebagai barang yang dapat berguna di rumah orang-orang,” kata Bayer. “Tapi investor tetap tidak paham,” tambah dia.

Setelah tidak berhasil mendapatkan investor, pendiri Ecovative ini memutuskan untuk mengikuti kompetisi bisnis. Konsep mereka berhasil menang di beberapa kompetisi, salah satunya Postcode Lottery Green Challenge yang memberikan hadiah sebesar US$ 750.000 atau setara dengan Rp 9,8 miliar (Kurs Rp 13.094 per dolar Amerika Serikat).

Beberapa tahun telah berlalu, Ecovative semakin maju, dan pada tahun ini Bayer dan McIntyre meluncurkan merk Ecovative Interiors. Produk utamanya adalah MycoBoard, bahan alternatif pengganti kayu untuk furnitur. Perusahaan ini dilaporkan akan mengalami keuntungan berjuta-juta dolar pada akhir tahun. (Aldo Lim/Ahm)

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!