Singapura Bantah Tuduhan Ingin Gagalkan Tax Amnesty Indonesia

redaksi.co.id - Singapura Bantah Tuduhan Ingin Gagalkan Tax Amnesty Indonesia Tuduhan soal Singapura ingin menggagalkan program tax amnesty Indonesia telah dibantah oleh negara yang dituduh itu.Menteri...

9 0

redaksi.co.id – Singapura Bantah Tuduhan Ingin Gagalkan Tax Amnesty Indonesia

Tuduhan soal Singapura ingin menggagalkan program tax amnesty Indonesia telah dibantah oleh negara yang dituduh itu.

Menteri Keuangan Singapura (MOF) dan Otoritas Moneter Singapura (MAS) telah menanggapi soal beredarnya kabar upaya penggagalan itu.

“Baru-baru ini media Indonesia mengklaim bahwa Singapura tengah mengimplementasikan kebijakan-kebijakan untuk menggagalkan tax amnesty,”

“Itu tidak benar,” demikian pernyataan dari MOF dan MAS pada Sabtu (23/7/2016).

Dikatakan pula bahwa sejauh ini Singapura tidak memotong tarif pajak (tax rate) atau mengubah kebijakan apapun terkait program tax amnesty itu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia.

Selain itu, disebutkan pula bahwa Singapura terus mengikuti standar internasional dalam memberantas tindak pencucian uang dan lainnya.

“Jika ada kasus dugaan pengemplangan pajak, otoritas terkait dapat menghubungi Singapura. Kami telah dan akan terus membantu,” imbuh pernyataan itu.

Pemerintah Indonesia tengah menggencarkan tax amnesty (pengampunan pajak) bagi warga Indonesia yang menyimpan dananya di luar negeri.

Namun, sempat beredar kabar bahwa bank-bank besar di Singapura menempuh sejumlah cara untuk menahan pulangnya dana WNI ke Indonesia.

Satu di antara sejumlah cara itu adalah membayar empat persen uang tebusan repatriasi aset milik WNI yang disimpan di negara itu.

Diduga hal itu dilakukan untuk menjegal jalannya program pengampunan pajak, yang kemudian dibantah oleh Singapura. (Channel News Asia/Today Online)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!