7 Negara Paling Produktif di Dunia

redaksi.co.id - 7 Negara Paling Produktif di Dunia Produktivitas adalah salah satu kunci kesuksesan ekonomi. Semakin produktif para pekerja di suatu negara. Semakin produktif para pekerja...

79 0

redaksi.co.id – 7 Negara Paling Produktif di Dunia

Produktivitas adalah salah satu kunci kesuksesan ekonomi. Semakin produktif para pekerja di suatu negara. Semakin produktif para pekerja di suatu negara, semakin meningkatnya ekonomi suatu negara.

Mengutip dari Business Insider, Senin (25/7/2016), daftar negara paling produktif di dunia dibuat berdasarkan analisa data dari 35 negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia.

Analisa dilakukan dengan melihat Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dari suatu negara, dan dibagi dengan jumlah jam kerja dari pekerja di setiap negara tersebut.

Hal ini akan menghasilkan data yang menjelaskan negara mana yang berhasil mendapatkan pendapatan terbesar dalam waktu singkat, dan tahu negara mana yang paling produktif.

Dalam daftar ini, negara diurutkan berdasarkan pendapatan per jam yang dihasilkan setiap pekerja di suatu negara. Berikut 7 negara paling produktif di dunia:

7. Denmark

Pendapatan per jam: 24,14 pound sterling atau setara Rp 420 ribu (kurs: Rp 17.244 per pound sterling)

Negara yang tergabung dalam kelompok negara Skandinavia ini, sebagian penduduknya memilih mengolah lahan pertaniannya. Walau demikian, Denmark masih mendapatkan pendapatan per jam yang cukup besar, bersaing tipis dengan negara tetangganya, Swedia.

6. Jerman

Pendapatan per jam: 25,95 pound sterling (Rp 447ribu)

Jerman memiliki reputasi sebagai negara yang sangat efisien, dan hal ini berpengaruh dengan produktivitas negara ini. Dalam kelompok G7, Jerman adalah negara paling produktif.

5. Belanda

Pendapatan per jam: 26,19 pound sterling (Rp 451 ribu)

Walaupun penduduk Belanda terkenal sebagai orang yang santai, tetapi reputasi tersebut tidak dapat dipercaya begitu saja. Hal ini terbukti dengan masuknya negara Belanda negara terproduktif di dunia.

4. Swiss

Pendapatan per jam: 28,35 pound sterling (Rp 489 ribu)

Para pekerja Swiss rata-rata menghabiskan waktu 30,16 jam per minggu di kantor, tetapi berkontribusi menghasilkan PDB per kapita sebesar 44.452 pound sterling (Rp 766 juta), di mana hal ini membuat negara Swiss menjadi salah satu negara terproduktif di dunia.

3. Australia

Pendapatan per jam: 29,81 pound sterling (Rp 514 ribu)

Dalam daftar ini, Australia mendapatkan 2 penghargaan. Pertama, Australia menjadi negara terproduktif di antara negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Kedua, Australia menjadi negara paling produktif yang berada di luar wilayah Eropa.

2. Norwegia

Pendapatan per jam: 36,36 pound sterling (Rp 627 ribu)

Negara Norwegia memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, bahkan para pekerja di negara ini 2 kali lebih produktif dibandingkan beberapa negara maju, seperti Italia, Spanyol, dan Jepang.

1. Luksemburg

Pendapatan per jam: 45,71 pound sterling (Rp 788 ribu)

Negara terproduktif di dunia jatuh kepada negara kecil di Eropa, Luksemburg. Selain negara terproduktif, negara ini juga menjadi terkenal karena menjadi tanah air bagi Presiden Uni Eropa, Jean Claude Junker. (Aldo Lim/Ndw)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!