5 Pemain Termahal MU Sepanjang Masa

redaksi.co.id - 5 Pemain Termahal MU Sepanjang Masa Manchester United (MU) bakal memecahkan rekor transfer pemain dalam waktu dekat. Tim besutan Jose Mourinho itu mengincar gelandang...

11 0

redaksi.co.id – 5 Pemain Termahal MU Sepanjang Masa

Manchester United (MU) bakal memecahkan rekor transfer pemain dalam waktu dekat. Tim besutan Jose Mourinho itu mengincar gelandang Juventus, Paul Pogba.

Dalam laporan terakhir beberapa media Inggris, manajemen Setan Merah sudah mengajukan tawaran sebesar 120 juta euro atau setara dengan Rp 1,8 triliun.

Bila transfer tersebut menemui kata sepakat, maka Pogba bakal menjadi pemain termahal di dunia. Pemain asal Prancis itu akan mengalahkan Gareth Bale, pemain yang dibeli Real Madrid dari Tottenham Hotspur dengan harga 101 juta euro.

Sebelum Pogba, sebenarnya MU sudah lima kali mengeluarkan setumpuk uang untuk membeli pemain bintang. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya.

Juan Sebastian Veron

Pada musim 1999/2000, Juan Sebastian Veron meraih empat gelar bersama Lazio, yakni Piala Super Eropa, Serie A, Coppa Italia dan Piala Super Italia. Catatan impresif itu membuat MU tertarik memboyong Veron ke Old Trafford Stadium.

MU akhirnya resmi mendapatkan tanda tangan gelandang asal Argentina itu dengan mahar sebesar 28,1 juta pounds atau setara Rp 484 miliar (kurs saat ini). Veron pun menjadi pemain termahal MU pada saat itu.

Sayangnya, Veron tak mampu beradaptasi dengan gaya permainan sepak bola Inggris secara baik. Dia hanya mencetak 11 gol dari 82 pertandingan bersama Setan Merah di semua kompetisi.

Pria yang kini sudah berusia 41 tahun tersebut masuk dalam daftar pemain terburuk Setan Merah sepanjang masa.

Rio Ferdinand

Bursa transfer musim panas tahun 2002, untuk pertama kalinya Setan Merah mengeluarkan banyak uang untuk merekrut pemain bertahan. MU mendatangkan Rio Ferdinand dari Leeds United.

Untuk mendapatkan pemain kelahiran London, Inggris itu, manajemen MU harus menyerahkan uang sebanyak 29,1 juta pounds atau setara dengan Rp 500 miliar (kurs saat ini) ke rekening Leeds United.

Tak percuma MU mengeluarkan setumpuk uang, Ferdinand membantu Setan Merah menyabet enam gelar Liga Premier Inggris, satu trofi Liga Champions, tiga Piala Liga Inggris, satu gelar Piala Dunia antarklub.

Dimitar Berbatov

Pada 1 September 2008 atau pada detik akhir bursa transfer musim panas, MU mengalahkan Manchester City untuk mendatangkan striker Tottenham Hotspur, Dimitar Berbatov.

Untuk mendapatkan Berbatov, Setan Merah harus menyerahkan 30 juta pounds atau setara dengan Rp 516 miliar. Manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa Berbatov merupakan striker terunik di dunia.

“Akhirnya kami bisa mengunci Berbatov, salah satu striker dengan gaya terbaik di dunia. Kemampuannya memberikan dimensi yang berbeda untuk tim ini,” kata Ferguson ketika itu.

Juan Mata

Pada Januari 2014, gelandang Spanyol, Juan Mata ditendang Chelsea. MU pun bergerak cepat dan langsung menampung mantan pemain Valencia tersebut.

Mata ditebus MU dari Chelsea dengan mahar sebesar 37,1 juta pounds atau senilai dengan Rp 638 miliar. Sejak bergabung di Old Trafford, Mata sudah mempersebahkan gelar Piala FA.

Transfer Mata bisa dikatakan sangat cepat. Dia tiba di Manchester saat makan siang dan langsung melakukan test medis. Pada sore harinya, dia langsung diumumkan menjadi pemain baru Setan Merah.

Angel Di Maria

Winger timnas Argentina, Angel Di Maria diboyong Manchester United dari Real Madrid pada 26 Agustus 2014. Di Maria dibeli dengan harga yang mencapai 59,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

Nilai tersebut membuat Di Maria menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Manchester United serta pembelian termahal di Inggris Raya. Tapi, pemain 27 tahun itu hanya bertahan satu musim di Old Trafford Stadium.

Pada 25 Juli 2015, MU mengumumkan sudah menjual Di Maria ke klub asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Setan Merah melepasnya dengan harga 44 juta pounds.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!