Analis Ungkap Kekhawatiran Pasar Modal soal Holding BUMN Energi

redaksi.co.id - Analis Ungkap Kekhawatiran Pasar Modal soal Holding BUMN Energi Analis Woori Korindo Securities, Reza Priyambada mengungkapkan kekhawatiran pasar modal pada rencana pemerintah membentuk holding...

29 0

redaksi.co.id – Analis Ungkap Kekhawatiran Pasar Modal soal Holding BUMN Energi

Analis Woori Korindo Securities, Reza Priyambada mengungkapkan kekhawatiran pasar modal pada rencana pemerintah membentuk holding BUMN Energi.

Dalam hal ini para pelaku di sektor tersebut tak ingin PT Pertamina (Persero) mengakuisisi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

“Jangan sampai PGN menjadi sapi perah Pertamina dalam ekspansi bisnis usahanya,” ujar Reza, Selasa (26/7/2016).

Reza memaparkan saat ini sentimen market atau pelaku pasar tidak suka jika PGN berada dibawah Pertamina. Jika memang ada akuisisi, Reza menilai pasar modal lebih senang posisi PGN di bawah pemerintah langsung.

“Pasar maunya di bawah pemerintah,” ungkap Reza.

Reza menjelaskan jika PGN di bawah Pertamina, akan mempengaruhi kinerja keuangan PGN secara total. Apalagi kata Reza, revenue yang dihasilkan dari PGN masih baik saat perlambatan ekonomi dunia terjadi.

“Sebenarnya ditakuti pelaku pasar di tengah laba yang masih berhasil dicatatkan PGN yakni nantinya hanya dijadikan sapi perah saja oleh Pertamina,” papar Reza.

Reza menjelaskan PGN berpotensi mempunyai tugas untuk menutupi utang Pertamina yang besar. Jika hal itu terjadi, Reza mengatakan para pemegang saham mendapat porsi dividen kecil

“Ujung-ujungnya dividen payout ratio juga kecil alhasil pemegang saham di bursa yang memegang PGN pun dividennya berkurang,” kata Reza.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!