Eko Putro, Wajah Baru di Kabinet Jokowi yang Urus Desa

redaksi.co.id - Eko Putro, Wajah Baru di Kabinet Jokowi yang Urus Desa Presiden Joko Widodo(Jokowi) kembali merombak (reshuffle) susunan kabinet. Dalam perombakan yang kedua ini,Eko Putro...

34 0

redaksi.co.id – Eko Putro, Wajah Baru di Kabinet Jokowi yang Urus Desa

Presiden Joko Widodo(Jokowi) kembali merombak (reshuffle) susunan kabinet. Dalam perombakan yang kedua ini,Eko Putro Sandjojo didapuk menjadiMenteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggantikanMarwan Jafar. Eko merupakan wajah baru di kabinet Jokowi.

Pengalaman Eko di sektor pedesaan memang cukup mumpuni. Pria yang menjabat sebagaiBendahara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pernah menjabat sebagai Ketua Tim Asistensi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk tahun anggaran 2010. Saat itu, MenteriKementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi masih dijabat oleh MuhaiminIskandar.

Sebelum menjadi birokrat, Eko merupakan seorang pengusaha. Dia pernah menjadi Direktur Utama Humpuss pada tahun 2007 danPresiden Direktur PT Sierad ProduceTbk pada 2009.

Pria lulusan Bachelor Degree University of Kentucky 1991 dan IPMI MBA Jakarta tahun 1993 ini juga pernah bergabung menjadi Deputi Tim Transisi Jokowi. Dalam tim ini, Eko Putro membawahi kelompok kerja di bidang perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif, dan percepatan ekonomi di Papua.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi melakukan perombakan kembali jajaran kabinet kerjanya. Ini kedua kalinya Jokowi mengubah tatanan pemerintahan yang dipimpinnya sepanjang masa pemerintahan hingga 2016.

Menurut Jokowi, perombakan kabinet dilakukan agar program-program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahtreraan rakyat bisa segera terealisasi.

Berikut ini nama-nama menteri baru yang diumumkan Jokowi:

1. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Kemaritiman

2. Bambang S Brodjonegoro sebagai Kepala Bappenas

3. Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang

4. Thomas Lembong sebagai Kepala BKPM

5. Wiranto sebagai Menko Polhukam

6. Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan

7. Eko Putro Sanjoyo sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

8. Budi Karya sebagai Menteri Perhubungan

9. Muhajir Efendi sebagai Mendikbud

10. Enggartyasto Lukito sebagai Menteri Perdagangan

11. Airlangga Hartato sebagai Menteri Perindustrian

12. Archandra Tahar sebagai Menteri ESDM

13. Asman Abnur sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

(AldoLim/Gdn)

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!