Bill Clinton Puji Hillary Sebagai 'Pembuat Perubahan'

redaksi.co.id - Bill Clinton Puji Hillary Sebagai 'Pembuat Perubahan' Selasa malam 26 Juli 2016, Hillary Clinton mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang dicalonkan secara resmi oleh...

42 0

redaksi.co.id – Bill Clinton Puji Hillary Sebagai 'Pembuat Perubahan'

Selasa malam 26 Juli 2016, Hillary Clinton mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang dicalonkan secara resmi oleh sebuah partai besar sebagai Presiden Amerika Serikat.

Konvensi Nasional Partai Demokrat yang digelar di Philadelphia juga mencoba untuk kembali menonjolkan sosok mantan Ibu Negara AS itu, sekaligus meredakan ketegangan yang terjadi di internal — menyusul bocoran 20 ribu email petinggi partai berlambang gajah di Wikileaks, yang mengindikasikan ada sikap berat.

Meyakinkan publik Demokrat juga menjadi tugas dari mantan Presiden Bill Clinton, suami Hillary. Ia menyampaikan pidato, dan mengawalinya dengan menceritakan hubungannya dengan sang istri dan apa yang dilakukan perempuan tersebut untuk melayani masyarakat, termasuk membantu anak-anak, imigran, dan orang-orang dengan disabilitas.

“Ia adalah pembuat perubahan terbaik yang pernah kutemui sepanjang hidupku,” kata Bill Clinton. “Perempuan ini tak pernah puas dengan status quo apapun. Ia selalu ingin menggulirkan bola perubahan. Dan itulah siapa dia sesungguhnya.”

Clinton secara formal mengamankan nominasinya Selasa malam. Mantan rival sengitnya di Demokrat, Bernie Sanders melakukan langkah dramatis dengan meminta mantan Menlu AS itu ditetapkan secara resmi sebagai capres secara aklamasi –yang memicu sorak-sorai simpatisan Demokrat.

Tak lama kemudian, Clinton merilis video dalam akun Twitternya, yang merekam aksi Sanders, sekaligus meluncurkan moto kampanyenya, “Stronger together” — bersama kita kuat.

Apa yang dilakukan Sanders memiliki arti penting, meski tak berhasil mengesankan semua delegasinya — yang beberapa walkout sebagai bentuk protes. Senator Vermont itu mengingatkan pentingnya persatuan untuk menghadapi partarungan yang sesungguhnya, melawan Donald Trump.

Selain Bill Clinton, sejumlah orang juga naik ke panggung untuk mendukung Hillary.

Salah satunya, Sybrina Fulton, ibu Trayvon Martin — yang tewas tertembak di Florida. “Hillary Clinton adalah seorang ibu yang bisa memastikan gerakan kita akan berhasil,” kata dia.

Seruan “Black Lives Matter!” membahana di ruang konvensi saat perempuan — yang menyebut dirinya sebagai ‘The Mothers of the Movement’ atau Ibu Perubahan menyampaikan pidatonya yang emosional.

(red/isang/ima/ijaya/RBW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!