5 Gelandang dengan Insting Striker

redaksi.co.id - 5 Gelandang dengan Insting Striker Pemain dengan posisi gelandang memiliki tugas utama untuk melayani striker dalam mencetak gol. Akan tetapi, di sepak bola modern...

38 0

redaksi.co.id – 5 Gelandang dengan Insting Striker

Pemain dengan posisi gelandang memiliki tugas utama untuk melayani striker dalam mencetak gol. Akan tetapi, di sepak bola modern sekarang ini justru banyak para pemain berposisi gelandang yang memiliki kemampuan lebih untuk mencetak gol.

Frank Lampard, misalnya. Mantan gelandang Chelsea tersebut mencetak 186 gol sepanjang karier sepak bola profesionalnya.

Tak hanya di kompetisi Eropa. Para gelandang digelaran Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo juga bisa bersanding dengan striker dalam urusan mencetak gol.

Menariknya, gelandang-gelandang yang bisa mencetak banyak gol tak memiliki nama tenar semacam Firman Utina, Ponaryo Astaman, hingga Zulham Zamrun. Mereka yang mampu unjuk gigi dalam urusan menjebol gawang lawang justru pemain yang tidak tenar.

Berikut Liputan6.com merangkum lima gelandang yang punya insting striker:

1. Irsyad Maulana (Semen Padang)

Irsyad Maulana merupakan pemain andalan Semen Padang pada Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Pemain 22 tahun itu tercatat telah bermain sebanyak 11 pertandingan dari 12 laga Kabau Sirah.

Pemain berposisi sebagai gelandang sayap kiri ini telah mencetak empat gol dari 984 menit bermain. Keempat gol itu dicetak hanya dalam dua pertandingan.

Irsyad membuka keran golnya saat Semen Padang menang telak 4-0 atas Persela Lamongan di Stadion H. Agus Salim. Dalam laga itu, ia mencetak dua gol.

Saat bigmatch kontra Sriwijaya FC, Irsyad menjadi pahlawan melalui sumbangan dua golnya untuk membawa Semen Padang menang 2-1 atas Laskar Wong Kito.

Tak hanya piawai mencetak gol, Irsyad juga rajin mengirimkan assist. Hingga pekan ke-12, pemain kelahiran Payakumbuh ini telah mengoleksi tiga assist. Teranyar, umpannya membantu Vendry Mofu mencetak gol ke gawang Persib Bandung pada laga yang berakhir dengan skor telak 4-0 untuk Semen Padang.

2. Vendry Mofu (Semen Padang)

Semen Padang tampaknya punya barisan lini tengah yang sangat bersinar di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Selain Irsyad Maulana, vendry Mofu juga mencuri perhatian lewat gol-golnya.

Mofu mencetak gol saat Semen Padang menghadapi Persipura Jayapura, Persela Lamongan, Bali United, dan Persib Bandung. Total dia telah mencetak empat gol dari 924 menit bermain atau 12 pertandingan.

Akurasi tembakan Mofu mencapai 61 persen mengarah ke gawang. Menariknya, tidak hanya pandai mencetak gol, Mofu juga sangat disiplin dalam bertahan. Setidaknya itu dibuktikan dari persentase keberhasilan tekel yang mencapai 75 persen.

3. Jefri Kurniawan (Pusamania Borneo FC)

Penyerang sayap Pusamania Borneo FC ini menyita perhatian sepak bola Indonesia setelah tampil impresif di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Jefri Kurniawan yang berposisi sebagai penyerang sayap kiri telah mencetak tiga gol.

Pemain Terbaik Piala Kemerdekaan saat memperkuat Persiwa Ngawi ini dikenal dengan gaya bermainnya yang selalu bergerak sepanjang pertandingan.

Tak hanya piawai mendribel bola untuk melewati lawan, akurasi tembakan Jefri juga sangat tinggi. Statistik mencatat, pemain yang khas dengan selebrasi ala Paul Pogba saat mencetak gol ini, memiliki akurasi tembakan mencapai 67 persen.

Sayang, sepak terjang Jefri bersama Pusamania sedikit terhambat. Jefri tercatat harus absen dalam tiga laga terakhir lantaran menderita sakit demam berdarah.

4. Evan Dimas Darmono (Bhayangkara Surabaya United)

Kualitas Evan DimasDarmono sebagai seorang gelandang memang sudah tidak diragukan lagi. Apalagi kemampuannya semakin mengilap setelah menimba ilmu bersama Espanyol B di Spanyol, beberapa waktu lalu.

Kehadiran Evan untuk Bhayangkara Surabaya United juga sangat terasa. Pasalnya, semenjak diperkuat Evan, skuat yang dilatih Ibnu Grahan itu terus menunjukkan performa menanjak tiap pekannya.

Bahkan, The Alligator tak terkalahkan dalam empat pertandingan beruntun. Alhasil, Bhayangkara Surabaya United kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi 23 poin.

Performa positif itu tentu tidak bisa dilepaskan dari peran Evan. Dia seakan menemukan kembali permainan terbaiknya dalam mencetak gol sama seperti ketika memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Hingga kini, Evan telah mencetak tiga gol dari sembilan pertandingan dan telah bermain sebanyak 720 menit. Ketiga gol Evan tercipta ketika menghadapi Pusamania Borneo FC, Persiba Balikpapan, dan Gresik United.

5. Slamet Nurcahyono (Madura United)

Slamet Nurcahyono tampil impresif pada Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Pemain bertubuh mungil ini sukses mengemas tiga gol dari 11 pertandingan yang telah dijalani.

Slamet juga telah menciptakan satu assist sejauh ini. Bahkan, presentase akurasi operannya mencapai 78 persen.

Meski demikian, senjata utama Slamet adalah kemampuannya dalam melewati lawan. Kemampuan dribel Slamet berada di atas rata-rata pemain Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dari 61 persen keberhasilan dribel yang dia lakukan sejauh ini.

Berkat kemampuannya itu, Madura United kini berada di peringkat kedua dengan 27 poin hasil dari 12 laga. Mereka memiliki poin sama dengan pemuncak klasemen, Arema Cronus.

(Penulis:Yosef Deny Pamungkas)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!