Reshuffle Dinilai Bagian dari Proses Politik

redaksi.co.id - Reshuffle Dinilai Bagian dari Proses Politik Pakar politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat, Asrinaldi menilai perombakan Kabinet Kerja ini, merupakan bagian dari mengakomodir...

10 0

redaksi.co.id – Reshuffle Dinilai Bagian dari Proses Politik

Pakar politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat, Asrinaldi menilai perombakan Kabinet Kerja ini, merupakan bagian dari mengakomodir kepentingan politik.

“Yang menonjol dari apa yang dibuat Presiden Jokowi (Joko Widodo), jelas ini adalah bagi-bagi kursi kepada kelompok pendukung,” kata dia kepada , Rabu (27/7).

Alasannya, ia menyebut, tipikal kepemimpinan Presiden Jokowi, yakni smooth atau halus. Ia menilai, Presiden Jokowi adalah pemimpin yang tidak suka jika ada ganggunan dalam pemerintahannya.

Ia mencontohkan, ketika PAN dan Partai Golkar menyatakan dukungannya terhadap pemerintah, terpaksa diakomodir kepentingan mereka. Faktanya, Asrinaldi menyebut, dua kursi itu akhirnya mengorbankan dua kursi dari profesional, contohnya Ignasius Jonan (Menteri Perhubungan).

“Karena ini lebih kepada proses politik, konsekuensinya profesional yang diharapkan bisa membantu presiden, jadi berkurang. Dan lebih kepada politik akomodasi presiden kepada poliik yang mendukungnya di pemerintahan,” kata Asrinaldi.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!