Perombakan Kabinet Bawa Angin Segar ke Pasar Modal

73

redaksi.co.id – Perombakan Kabinet Bawa Angin Segar ke Pasar Modal

Perombakan Kabinet Kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo menjelang siang hari, membawa angin segar ke pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, IHSG ditutup menguat 60,48 poin atau 1,16 persen ke level 5.284,88, setelah bergerak pada dikisaran level 5.245 hingga 5.301.

Kepala Riset NH Korindo Secuties Reza Priyambada mengatakan, pelaku pasar sepertinya cukup merespon susunan Kabinet Kerja yang baru, sehingga membuat pergerakan IHSG ke zona hijau pada perdagangan sesi pertama hari ini.

“Direspon positif (perombakan kabinet), karena belum ada sentimen lainnya lagi, bursa saham Asia lagi cenderung variatif,” kata Reza, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Menurut Reza, bertahannya laju IHSG di zona hijau diperkirakan hanya bersifat sementara, karena dapat dimanfaatkan aksi ambil untung yang akhirnya menekan pergerakan indek.

“Market saat ini masih melihat sosok, lalu track recordnya, dan program-program mereka serta impelentasi dan review dari programnya,” tutur Reza.

Presiden Joko Widodo telah melakukan perombakan Kabinet Kerja dan berikut nama-nama baru menteri hasil reshuffle jilid II:

1. Menko Polhukam: Wiranto.

2. Menteri Keuangan: Sri Mulyani.

3. Menteri ESDM: Archandra Tahar.

4. Menteri Perindustrian: Airlangga Hartarto.

5. Menteri Perdagangan: Enggartiasto Lukita.

6. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi.

7. Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi: Eko Putro Sandjojo.

8. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy.

9. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Asman Abnur.

Sementara itu ada empat nama-nama lama masih bertahan dan hanya pindah posisi ke kementerian atau lembaga lain, di antaranya :

1. Menko Kemaritiman: Luhut Pandjaitan.

2. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Bambang Brodjonegoro.

3. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Sofyan Djalil.

4. Kepala BKPM: Thomas Perikasih Lembong.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!