Kendalikan Harga Pangan Jadi Prioritas Mendag Enggar

115

redaksi.co.id – Kendalikan Harga Pangan Jadi Prioritas Mendag Enggar

Sejumlah tugas penting siap menanti Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang baru dilantik. Salah satunya soal pengendalian harga bahan pokok.

Enggar mengatakan, hal tersebut yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melantik dirinya sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Lembong.

“Beliau berikan arahan untuk kepentingan masyarakat yaitu pengendalian harga, stabilitas harga. Di sisi lain, beliau juga meminta adanya kesinambungan pengusaha ini,” ujar dia di Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Selain soal pengendalian harga, lanjut Enggar, pekerjaan rumahnya sebagai Menteri Perdagangan yaitu bagaimana menjaga pasar domestik dari serbuan produk-produk impor. Untuk itu, menurut dia, perlu adanya penguatan daya saing pada produk-produk lokal.

“Yang jadi prioritas itu kepentingan masyarakat dalam kaitannya pengendalian harga dan menjaga pasar domestik, untuk tidak bisa dibanjiri asing. Tapi kita tidak bisa untuk mencegah impor kalau kita tidak kuat, ini perlu waktu. Tetapi kita juga sekaligus akan lihat keluar, in world and out world looking kita lihat sendiri,” jelas dia.

Terakhir,Enggartiasto Lukita diberikan tugas untuk mencapai kemandirian pangan. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kerjasama dari para pelaku usaha, termasuk para importir.

“Kemandirian pangan dan ada kesinambungan dari dunia usaha, di mana dia ada keuntungan. Tapi keuntungan yang wajar dan untuk itu perlu jaminan bahwa usaha mereka akan sustain dari pemerintah,” ujar dia. (Dny/Ahm)

(red/uhammad/irmansyah/MF)

loading...

Comments

comments!