Penggemar Bikin Acara Penyambutan Rio di Jerman

redaksi.co.id - Penggemar Bikin Acara Penyambutan Rio di Jerman Pebalap Formula Satu asal Indonesia, Rio Haryanto mendapat sambutan hangat dari para pengemarnya saat ia tiba di...

32 0

redaksi.co.id – Penggemar Bikin Acara Penyambutan Rio di Jerman

Pebalap Formula Satu asal Indonesia, Rio Haryanto mendapat sambutan hangat dari para pengemarnya saat ia tiba di bandara Frankfurt, Jerman, Selasa (26/7) malam. Rio akan menghadapi rangkaian seri balapan F1 Jerman yang akan digelar akhir pekan ini.

Puluhan pendukung Rio yang sebagian besar para warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Jerman sudah menunggu kedatangan Rio di Bandara. Mereka telah menyiapkan acara pengaluangan bunga untuk Rio dan membentangkan spanduk bertuliskan Selamat Datang Rio Haryanto di Jerman.

“Penerimaan yang luar biasa untuk @RHaryantoracing pada saat kami baru mendarat di Bandara Frankfurt siap untuk #F1 #GermanGP,” tulis tim Manor Racing di akun twitternya, @ManorRacing.

Rencananya Rio akan mengikuti sesi latihan bebas pertama dan latihan bebas Kedua pada Jumat 29 Juli, Latihan bebas Ketiga dan sesi kualifikasi digelar pada Sabtu 30 Juli. Dilanjutkan sesi balapan di Sirkuit Hockenheimring pada Minggu 31 Juli.

Balapan F1 Jerman ini bisa menjadi tonggak penting untuk Rio pada musim ini. Seperti dilaporkan sebelumnya, kepastian Rio bisa melanjutkan balapan di sisa musim berikutnya akan terjawab setelah F1 Jerman yang digelar pekan ini.

Kontrak awal Rio dengan tim tersebut hanya mencakup 11 balapan pertama musim 2016 dan hingga kini belum diumumkan secara resmi apakah dia telah memperoleh dana yang dibutuhkan untuk tetap berada dalam tim. Terkait dengan situasi yang tidak pasti ini, Rio pernah mengatakan masa depannya akan terlihat jelas pada akhir pekan depan di Jerman.

“Kita akan lihat, jelas jika Anda melihat saya di Hockenheim nanti (GP Jerman), maka saya pikir saya akan mengamankan tempat untuk seluruh musim,” kata Rio.

Saat ditanya apakah ia akan berada di sirkuit Hockenheim, Jerman, Rio menjawab, “Ya, saya pikir begitu”.

Rio sempat terancam tak bisa melanjutkan balapan setelah seri Ke-11. Setelah balapan F1 Hungaria selesai, Rio mendapat lampu hijau untuk terus melanjutkan balapan.

Meski masih ada masalah dengan pendanaan sponsor, Rio tetap bisa ikut bersaing di balapan F1 Jerman. Seperti diungkapkan oleh manajer Rio, Piers Hunnisett.

Ia mengkonfirmasi bahwa Rio bisa bersaing di Grand Prix Jerman akhir pekan ini meskipun ada kekhawatiran atas pendanaan untuk paruh kedua musim Formula 1.

Jika tersedia dispensasi di Jerman untuk pebalap berusia 23-tahun itu maka ia bisa memiliki kesempatan tampil di sisa musim panas untuk mendapatkan tambahan dana yang diperlukan. “Saya berharap itu yang terjadi,” kata Hunnisett dilansir Autosport terkait Rio menghadapi balapan di Jerman.

“Ya, dalam pikiran saya yang akan menjadi rencana yang logis mengingat ada tiga minggu istirahat setelahnya. Itulah yang saya pikirkan, dan itulah yang saya harapkan, tim juga berpikir hal yang sama.”

Direktur balap tim Manor, Dave Ryan menegaskan tim ingin Haryanto memiliki kontrak hingga akhir tahun. “Apa yang harus Anda ingat adalah Rio memiliki kontrak dengan tim hingga akhir tahun, dan itu terserah kepada mereka untuk menghormati kontrak itu,” kata Ryan berbicara kepada Autosport.

“Kami memberi mereka setiap kesempatan untuk melakukan itu, dan bekerja dengan mereka untuk melakukannya. Kami ingin Rio yang mengendarai mobil karena ia adalah tambahan yang bagus untuk tim, dan kami ingin mengikuti proyek selanjutnya,” kataya.

“Pada akhirnya ini tergantung dengan pendanaan, dan aku satu langkah berada di itu, tapi mari kita tunggu dan lihat saja nanti.”

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!