Mau Cepat Dapat Kerja? Hindari Tulis 6 Kesalahan Ini dalam CV

redaksi.co.id - Mau Cepat Dapat Kerja? Hindari Tulis 6 Kesalahan Ini dalam CV Proses pencarian kerja bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki kompetensi yang baik,...

26 0

redaksi.co.id – Mau Cepat Dapat Kerja? Hindari Tulis 6 Kesalahan Ini dalam CV

Proses pencarian kerja bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki kompetensi yang baik, resume dan CV juga merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh para pencari kerja. Resume dan CV merupakan alat pertama yang biasa digunakan oleh HRD untuk menilai seorang calon pegawai.

Apabila CV tersebut bisa memberikan kesan yang baik maka kemungkinan Anda diterima pun akan semakin besar. Namun apabila resume tersebut tidak memberikan kesan baik, maka pekerjaan impian Anda pun akan sulit untuk digapai.

Berikut 6 kesalahan yang harus Anda hindari saat menulis CV:

1. Lupa untuk memperbaharui kontak informasi

Satu bagian paling penting dalam sebuah CV adalah bagian informasi kontak. Bagian ini berisi tentang kontak informasi yang menggambarkan tentang identitas diri Anda.

Pihak HRD akan menghubungi Anda melalui kontak yang tertera di data ini. Oleh karenanya, data di bagian ini tidak boleh salah.

2. Tidak memberikan detail yang jelas tentang pekerjaan terakhir

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, detail tentang pekerjaan merupakan hal penting yang harus Anda cantumkan dalam CV.

Detail ini nantinya akan bisa memberi gambaran tentang apa saja yang sudah pernah Anda lakukan di pekerjaan terakhir. Anda juga dapat menambah data kemampuan apa saja yang sudah dikuasai.

3. Tidak memperbaharui kemampuan dan sertifikasi

Seiring berjalannnya waktu, kemampuan bekerja akan semakin bertambah. Adakalanya Anda pun akan mendapat sertifikasi kemampuan sesuai dengan bidang yang Anda tekuni. Jangan lupa untuk mencantumkan hal ini pada CV yang Anda miliki.

4. Menulis singkatan yang banyak tidak diketahui orang

Setiap bidang pekerjaan biasanya memiliki singkatan dan akronimnya masing-masing. Pastikan bahwa setiap singkatan yang Anda cantumkan di CV bisa diketahui oleh orang. Jangan sampai pihak HRD nantinya malah kebingungan dengan apa yang sudah Anda tulis.

5. Terus memperbaharui CV, namun menambahkan pekerjaan yang tidak penting

Hal ini juga tidak sebaiknya Anda lakukan. Memperbaharui CV memang merupakan satu hal yang harus dilakukan. Namun Anda tidak perlu untuk menambahkan pekerjaan yang tidak memiliki relevansi yang jelas dengan apa yang Anda kerjakan sekarang.

6. Menulis nama file CV dengan salah

Pastikan nama file CV yang Anda kirimkan pun memiliki nama yang jelas. Nama file CV yang baik akan memcantumkan nama Anda dengan jelas. Hal ini nantinya dapat mempermudah pihak HRD untuk mengetahui CV milik Anda. (Vna/Ndw)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!