Menpora Minta Maaf Terkait Dukungan Dana untuk Rio Haryanto

redaksi.co.id - Menpora Minta Maaf Terkait Dukungan Dana untuk Rio Haryanto Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan permintaan maaf terkait dukungan dana kepada pembalap Formula...

26 0

redaksi.co.id – Menpora Minta Maaf Terkait Dukungan Dana untuk Rio Haryanto

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan permintaan maaf terkait dukungan dana kepada pembalap Formula Satu (F1) asal Indonesia Rio Haryanto.

Pembalap tim Manor Racing ini terancam tak dapat mengakhiri balapan musim 2016 akibat belum selesainya pembayaran sebagai pay driver.

“Pemerintah mohon maaf terkait pemenuhan anggaran yang diharapkan oleh Manor Racing. Kami belum dapat memberikan dukungan dana itu, apalagi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” kata Menpora selepas peluncuran logo dan maskot baru Asian Games 2018 di Kantor Staf Kepresidenan di Jakarta, Kamis (28/7).

Menpora menyerahkan keputusan kepada tim asal Inggris itu, akan mempertahankan Rio sebagai pembalap dalam satu musim atau menggantinya dengan driverlain.

“Kita akan melihat apakah Manor memberikan peluang besar bagi prestasi dan potensi yang dimiliki Rio. Tapi, pemerintah tidak pernah berhenti mendukung. Demikian pula Pertamina yang terus berjuang serta usaha dari Rio serta Kiky Sports,” kata Menpora.

Menpora juga menyampaikan terimavkasih atas dukungan dari masyarakat Indonesia yang turut menggalang dana untuk Rio melalui program SMS donasi.

Sebelumnya, Manor Racing memastikan Rio akan tetap mengikuti perlombaan Grand Prix Jerman di Sirkuit Hockenheim pada Ahad (31/7) meskipun Rio belum dapat memenuhi kekurangan dana sebesar tujuh juta euro.

Rio menyambut kesempatan dari Manor Racing itu dengan konsentrasi penuh untuk Grand Prix Jerman dan mengenyampingkan semua spekulasi mengenai masa depannya dalam Formula Satu.

“Semua orang sangat luar biasa dan saya berterima kasih untuk itu. Tim sangat mendukung dan juga para fan. Ini akhir pekan yang besar untuk F1, kembali ke Jerman dan juga balapan terakhir sebelum liburan musim panas,” kata Rio.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati yang dihubungi secara terpisah, mengatakan manajemen berusaha maksimal untuk Rio Haryanto agar dapat tampil pada seri ke-12 balap mobil F1 musim ini.

Indah mengatakan manajemen akan terus berusaha demi kelanjutan kontrak Rio Haryanto dengan Manor Racing.

“Kami baru bisa bayar untuk setengah musim. Kami tetap berharap Rio Haryanto bisa berlomba di F1 untuk satu musim tahun ini,” kata Indah.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!