Baru Pertama Kali Mau Beli Asuransi? Perhatikan 4 Hal Ini

redaksi.co.id - Baru Pertama Kali Mau Beli Asuransi? Perhatikan 4 Hal Ini Selama beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya peranan asuransi jiwa di...

19 0

redaksi.co.id – Baru Pertama Kali Mau Beli Asuransi? Perhatikan 4 Hal Ini

Selama beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya peranan asuransi jiwa di dalam kehidupan mereka. Hal ini tentu menjadi sebuah kabar yang menggembirakan, sebab bagaimanapun juga, asuransi adalah sebuah bentuk perlindungan yang bisa kita jadikan sebagai upaya untuk menolong orang-orang yang kita cintai dan akan kita tinggalkan jika sewaktu-waktu kita meninggal dunia.

Meski saat ini ada banyak jenis layanan asuransi yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, namun asuransi jiwa termasuk jenis asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas. Sebagaimana kita ketahui, setiap jenis asuransi pasti memiliki manfaat dan juga keuntungan yang berbeda-beda di dalamnya, karena itu sangat penting untuk mengetahui dengan jelas mengenai semua hal tersebut sejak awal. Bahasa yang digunakan di dalam dunia asuransi juga akan sedikit berbeda dengan bahasa yang lazim kita dengar, sehingga wajib bagi kita untuk benar-benar memahami semua ketentuan dan juga aturan yang diterapkan di dalam asuransi yang akan kita gunakan. Hal seperti ini penting dilakukan, agar tidak terjadi salah tafsir dan juga kerugian di masa yang akan datang.

Membeli Asuransi untuk Pertama Kalinya

Akan selalu ada kata pertama untuk setiap hal, ini juga berlaku dalam pembelian asuransi. Ada banyak orang yang enggan membeli dan menggunakan sesuatu hanya karena tidak begitu paham mengenai barang tersebut, namun sebaiknya hal seperti ini dijauhkan ketika anda berniat untuk membeli sebuah polis asuransi jiwa. Asuransi jiwa berbeda dengan jenis asuransi lainnya, di mana asuransi ini akan sangat membantu dan juga memberi jaminan bagi keluarga yang bisa saja kita tinggalkan sewaktu-waktu untuk selamanya. Begitu besar manfaat yang akan diberikan oleh asuransi jiwa, sehingga sangat penting bagi anda untuk memilikinya, terutama jika anda sudah memiliki tanggungan atau menjadi tulang punggung keluarga. Anda tentu tidak ingin meninggalkan keluarga dalam keadaan berduka dan terlilit masalah keuangan, bukan?

Sebagai seorang pemula dan akan membeli asuransi untuk pertama kalinya, maka sangat wajar jika anda belum paham dan juga kebingungan untuk menentukan pilihan yang paling tepat. Cermati beberapa tips di bawah ini ketika anda akan membeli sebuah produk asuransi jiwa untuk pertama kalinya:

Baca Juga:

1. Pahami Prinsip Dasar yang Diterapkan

Pahami Jenis Asuransinya via donbrownbus.com

Semakin banyak pengguna asuransi, maka akan semakin banyak juga jumlah . Hal ini tentu bisa membuat anda memiliki banyak pilihan, namun sekaligus membuat anda menjadi kebingungan dalam menentukan pilihan asuransi yang paling tepat.

Ada 2 jenis dasar asuransi jiwa di Indonesia, yakni:

Asuransi jangka warsa, yaitujenis polis asuransi yang terbilang sederhana dan hanya digunakan pada periode tertentu dengan biaya yang cukup rendah. Besaran biaya dalam polis jangka warsa akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia pemegang polis tersebut. Dalam asuransi jangka warsa tidak terdapat besaran nilai tunai polis, namun pembayaran akan dilakukan secara penuh ketika pemegang polis meninggal dunia atau mengalami penyakit kronis, atau mengalami cacat permanen.Asuransi seumur hidup,yaitu yang polisnya akan memberikan perlindungan seumur hidup, artinya semasa hidup hingga meninggal dunia. Di dalam polis ini terdapat dana penyertaan, yaitu nilai tunai yang akan didapatkan jika terjadi risiko. Dengan begitu, maka nilai tunai tersebut semakin hari akan semakin besar jumlahnya, sehingga jumlah uang pertanggungan yang akan didapatkan juga semakin meningkat. Bahkan dalam beberapa kasus, nasabah bisa mendapatkan bonus akhir kontrak atas kontrak asuransi yang telah selesai. Sesuai dengan manfaat yang didapatkan, maka besaran premi yang dikenakan pada asuransi ini akan disesuaikan dengan usia pemegang polis. Artinya, semakin cepat (muda) anda menjadi peserta asuransi ini, maka akan semakin murah premi yang harus anda bayarkan.

Dari kedua jenis asuransi tersebut, tentu terdapat perbedaan yang sangat jauh sekali, di mana asuransi jangka warsa terbilang lebih fleksibel, namun di sisi lain asuransi seumur hidup dapat memberikan jaminan yang lebih baik.

2. Ketahui Kebutuhan Anda dengan Baik

Setelah mengetahui jenis asuransi yang tersedia, maka yang selanjutnya perlu anda pikirkan adalah mengenai kebutuhan anda sendiri akan asuransi jiwa tersebut. Yang dimaksud dengan kebutuhan dalam hal ini adalah mengenai jumlah pertanggungan asuransi jiwa yang anda harapkan nantinya. Setiap orang tentu akan memiliki jumlah yang berbeda-beda dalam hal ini, tergantung pada kebutuhan dan juga kemampuan keuangan orang tersebut. Begitu juga dengan anda, karena itu anda wajib melakukan perhitungan dan juga pertimbangan mengenai besaran pertanggungan yang anda butuhkan.

Hitung dengan cermat mengenai tanggungan dan juga kebutuhan mereka, sebab inilah poin yang akan menjadi dasar bagi penentuan jumlah pertanggungan yang anda butuhkan. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan peritungan ini, maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan seorang ahli. Ini akan membuat anda memiliki gambaran yang jelas dan juga perhitungan yang tepat mengenai berbagai macam kebutuhan dari orang-orang yang anda tanggung, sehingga besaran pertanggungan bisa ditetapkan dengan tepat.

3. Sesuaikan dengan Anggaran

Anggarkan Dulu Sebelum Membeli via

Penting sekali untuk menyesuaikan besaran premi yang akan anda bayarkan dengan kemampuan keuangan anda. Jangan sampai premi yang terlalu besar, justru membuat keuangan anda mengalami gangguan dalam masa yang panjang. Pertimbangkan juga besaran premi dengan perlindungan asuransi yang anda dapatkan nantinya, pastikan anda memilih produk asuransi jiwa terbaik dengan biaya premi yang sesuai dan terjangkau.

Baca Juga:

4. Pilih Layanan Perusahaan Asuransi Terbaik

Gunakan layanan asuransi dari sebuah perusahaan asuransi yang terpercaya, sehingga anda merasa nyaman dan juga tenang menjadi nasabah mereka. Dalam beberapa kasus, ada saja perusahaan asuransi yang sulit mencairkan klaim nasabahnya, atau bahkan tutup karena bangkrut. Cari informasi yang lengkap mengenai perusahaan asuransi terbaik, ini bisa dilakukan lewat internet atau menanyakannya pada forum-forum yang bisa dipercaya.

Pilih dan gunakan yang paling tepat

Tak seorangpun tahu kapan kematian akan datang, karena itu sangat penting untuk memikirkan orang-orang yang akan kita tinggalkan. Gunakan asuransi jiwa yang akan menjamin keuangan mereka di masa-masa sulit nanti. Jangan pernah berpikir untuk menunda membeli polis asuransi jiwa, jika kita sayang mereka maka lakukan dengan segera.

Baca Juga:

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!