Menteri Rini Dorong Warga Dieng Kembangkan Tanaman Carica

redaksi.co.id - Menteri Rini Dorong Warga Dieng Kembangkan Tanaman Carica Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mendorong pengembangan tanaman carica di kawasan dataran tinggi Dieng...

27 0

redaksi.co.id – Menteri Rini Dorong Warga Dieng Kembangkan Tanaman Carica

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mendorong pengembangan tanaman carica di kawasan dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

“Selain enak buahnya, tanaman carica dapat mencegah erosi di kawasan dataran tinggi maka perlu dikembangkan,” katanya saat meninjau tempat pengolah carica CV Yuasa Food Berkah Mandiri di Desa Krasak Kecamatan Mojotengah, Wonosobo, Jumat (29 Juli 2016).

Menteri BUMN mengunjungi tempat pengolahan carica tersebut dalam rangkaian Hari Ulang Tahun bersama BUMN di Wonosobo. Rini menuturkan kalau tanaman carica dikembangkan di Dieng akan menambah pendapatan masyarakat.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Wonosobo lebih meningkatkan produksi carica, selain itu juga membantu pelaku usaha pengolah carica sehingga nantinya bisa diterima di negara lain. Ia menuturkan melalui kalau selama ini hanya dipasarkan di dalam negeri, dengan pembinaan yang dilakukan pemerintah daerah diharapkan hasil olahan carica ini bisa diekspor.

Pada kunjungan tersebut Menteri BUMN yang diterima oleh pemilik CV Yuasa Food Berkah mandiri, Trisila Juwantara mencapat penjelasan proses pengolahan carica dari awal hingga menjadi manisan. Pada kunjungan tersebut Menteri BUMN juga mencicipi beberapa hasil produksi CV Yuasa Food, selain manisan carica juga olahan cabai gunung.

Trisila mengatakan usahanya dirintis sejak 2001, hingga saat ini telah memiliki sekitar 100 karyawan yang tersebat di dua tempat usahanya, yakni di Mojotengah Wonosobo dan di Banjarnegara. Ia mengatakan pemasaran manisan carica sudah merata hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

ANTARA

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!