Prancis Minati Investasi di Delapan Bidang

redaksi.co.id - Prancis Minati Investasi di Delapan Bidang Indonesia siap untuk mengeksplorasi kerjasama ekonomi dengan Prancis yang dinilai sebagai mitra dagang strategis. Saya percaya bahwa ekonomi...

22 0

redaksi.co.id – Prancis Minati Investasi di Delapan Bidang

Indonesia siap untuk mengeksplorasi kerjasama ekonomi dengan Prancis yang dinilai sebagai mitra dagang strategis. Saya percaya bahwa ekonomi Indonesia dan Perancis saling melengkapi. Karena itu, penting kiranya untuk peningkatan kerjasama ekonomi di beberapa bidang, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai bertemu Duta Besar Prancis untuk Indonesia H.E. Mrs. Corrine Breuz&eacute melalui siaran pers, Jumat 29 Juli 2016.

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Perdagangan, pada tahun 2015, nilai total perdagangan antara Indonesia dan Prancis sebesar US$ 2,3 miliar. Nilai ini menurun 9,4 persen jika dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai US$ 2,35 miliar.

Sedangkan realisasi investasi Perancis di Indonesia tercatat US$ 131,6 juta untuk 197 proyek. Darmin menyebut, ada delapan sektor usaha yang diminati oleh investor Perancis. Kedelapan sektor itu adalah transportasi, komunikasi, listrik, gas, air, industri makanan, barang kimia serta farmasi.

Darmin mengatakan bahwa realisasi investasi kerjasama bilateral Indonesia-Perancis di masa mendatang dapat lebih meningkat dan menyebar khususnya ke daerah Timur Indonesia.Karenanya, untuk mendongkrak nilai investasi, Pemerintah Indonesia telah melakukan terobosan melalui serangkaian Paket Kebijakan Ekonomi yang ditelurkan sejak September 2015.

Paket ini berisi berbagai kebijakan mulai dari perampingan perizinan investasi, revisi daftar negatif investasi, percepatan pembangunan infrastruktur dan lainnya, ujarnya. PINGIT ARIA

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!