Sebelum Diangkat Jadi Menteri, Candra Ternyata Jadi Konsultan Jokowi di Blok Masela

redaksi.co.id - Sebelum Diangkat Jadi Menteri, Candra Ternyata Jadi Konsultan Jokowi di Blok Masela JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan pengelolaan Blok Masela di...

24 0

redaksi.co.id – Sebelum Diangkat Jadi Menteri, Candra Ternyata Jadi Konsultan Jokowi di Blok Masela

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan pengelolaan Blok Masela di onshore (darat). Ternyata dibalik keputusan tersebut ada Arcandra Tahar yang sekarang menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menteri ESDM Arcandra Tahar mengakui sempat bertemu Presiden waktu pemerintah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Candra memberikan konsultasi dan masukan terkait keputusan pengelolaan Blok Masela kepada Presiden.

“Di situ saya interaksi dengan Presiden dan akhirnya jadilah saya dalam posisi ini. Alhamdulillah ini jalannya. Tentu yang namanya takdir ada yang mengatur,” ujar Candra di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Sebagai ahli teknik dibidang Oceanology, Candra mendukung Blok Masela di onshore. Menurut Candra apapun keputusan Presiden akan ia jalankan amanat agar Blok Masela bisa cepat produksi memakai FLNG di darat.

“Saya kan orang offshore. Punya latar belakang offshore. Nah yang diputuskan adalah onshore,” kata Candra.

Candra pun menjelaskan hal yang membedakan offshore dan onshore adalah kilang Liquified Natural Gas (LNG-plant). Walaupun kilang sudah di darat, namun pengelolaan dan distribusi Blok Masela ada di laut.

“Jadi bukan berarti kalau onshore harus sebagian besar onshore. Masela adalah lapangan offshore dan termasuk laut dalam,” papar Candra.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!