Sudah Siapkah Anda Membeli Rumah?

79

redaksi.co.id – Sudah Siapkah Anda Membeli Rumah?

Entah sudah siap atau belum, pasti yang menjadi pertanyaan di pikiran Anda adalah apakah Anda bisa atau tidak. Padahal sebenarnya ada banyak alasan bagus untuk . Salah satu yang menyenangkan adalah tidak adanya jam malam atau ibu kos yang selalu menagih uang sewa tiap bulan. Akan tetapi pasti muncul juga beberapa kendala yang harus Anda hadapi seperti Anda harus mengatasi sendiri jika air keran Anda bermasalah.

Meskipun Anda masih belum bisa meninggalkan apartemen, kosan, atau kontrakan Anda, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sebenarnya Anda sudah siap untuk memiliki rumah sendiri. Apa saja tanda-tandanya? Simak artikel berikut.

Uang Muka Adalah Indikasi Kemampuan Anda viadayair.org

Ada banyak cara mendapatkan sebuah hunian tanpa harus mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk membayar uang mukanya saja. Bahkan banyak juga yang menawarkan sebuah rumah tanpa harus membayar uang muka. Tetapi hal tersebut bukanlah hal yang baik karena seharusnya Anda membeli sebuah rumah dengan cara yang wajar yaitu dengan membayar uang muka kira-kira sebanyak 3% hingga 20% karena hal tersebut juga penentu utama apakah Anda mampu membeli rumah atau tidak. Tapi lebih baik jika Anda menunggu sampai Anda bisa membayar setidaknya 5% (sangat disarankan 10% hingga 20%) dari total harga rumah dengan uang tunai. Layaknya bangunan sebuah Rumah, jika Anda tidak memiliki dasar yang baik, maka akan buruk hasilnya suatu saat nanti.

Kendalikan Hutang-Hutang Anda viasavingforsomeday.com

Membeli rumah dengan menggunakan tidak lain adalah Anda berutang pada pihak bank. Buat rencana keuangan Anda jangan sampai untuk memenuhi kebutuhan Anda yang lain, Anda terpaksa menggunakan Anggaran yang seharusnya Anda gunakan untuk melunasi cicilan rumah. Sebisa mungkin perkirakan juga seberapa banyak Anda akan berutang pada orang lain, jangan sampai hutang tersebut di luar kendali Anda.

Pastikan Sumber Keuangan Anda Tak Bermasalah vialerablog.org

Sekali Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah dengan mencicil, maka Anda harus benar-benar bisa membayarnya. Apabila Anda tinggal dengan pasangan Anda, maka salah satu dari Anda sudah harus yakin dengan posisi Anda dan masa depan perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda tinggal sendiri, Anda harus sudah menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda memiliki rencana pengeluaran yang besar dalam waktu dekat seperti kelulusan, pernikahan, dan hal-hal yang akan menguras cukup banyak uang Anda, atau mungkin Anda berencana untuk berhenti dari pekerjaan Anda, maka sebaiknya Anda memiliki sebuah tabungan yang mencukupi, serta menekan pengeluaran bulanan sebisa mungkin.

Penuhi Bentuk Rumah dengan Kebutuhan Anda Nantinya vianydailynews.com

Riset menyebutkan bahwa sebagian besar orang yang pertama kali membeli rumah, akan tinggal di rumah tersebut paling tidak selama 12 tahun. Targetkan untuk membeli rumah yang memenuhi kebutuhan Anda paling tidak lima hingga tujuh tahun ke depan, bukan rumah yang Anda butuhkan sekarang. Jika Anda sendiri, usahakan untuk memiliki ruang lebih yang bisa menampung rekan Anda atau pasangan Anda nanti. Jika Anda sudah menikah, usahakan untuk memiliki ruang bagi sang buah hati. Apabila Anda masih bingung seperti apa rumah yang Anda butuhkan untuk beberapa tahun ke depan, atau Anda masih belum bisa membeli rumah dengan ruang lebih, maka lebih baik Anda menunggu beberapa waktu lagi.

Penuhi Kebutuhan Rumah dengan Tenaga Anda Sendiri viaytimg.com

Menjaga dan memelihara sebuah rumah selalu menjadi tantangan bagi para penghuni baru. Menurut pengalaman beberapa orang yang baru memiliki rumah, Anda akan menghabiskan uang pada beberapa tahun pertama Anda untuk membetulkan beberapa hal yang rusak di dalam rumah. Oleh karena hal tersebut menguras uang, Anda tidak akan membeli perlengkapan rumah atau furniture baru hingga tahun ketiga. Kemudian suatu saat nanti Anda akan mulai merenovasi beberapa benda di rumah Anda karena merasa sudah ketinggalan meskipun benda tersebut masih bekerja dengan baik. Anda harus bisa melakukan semua itu sendiri atau pengeluaran Anda akan membengkak untuk membayar tukang-tukang.

Pastikan Anda Tidak Akan Pindah dalam Waktu Dekat viatrendeneur.com

Anda pasti tidak ingin berada jauh dari rumah Anda. Tentunya Anda juga tidak ingin tinggal sebentar di rumah yang baru Anda beli, kemudian harus menjualnya karena tuntutan pekerjaan atau karena keinginan pribadi. Jadi, apabila pekerjaan Anda, pasangan Anda, atau faktor apapun yangmembuat Anda harus pindah tempat dalam waktu dekat, maka lebih baik urungkan niat untuk membeli rumah dan tetap tinggal di kontrakan Anda.

Ketika Anda tidak memenuhi beberapa poin dari yang telah kami sebutkan di atas, ada baiknya Anda tetap tinggal di tempat Anda tinggal sekarang dan juga tetap melanjutkan mengisi tabungan Anda. Karena pada saatnya tiba nanti Anda akan memiliki jumlah uang yang cukup untuk membayar uang muka yang umumnya tidak sedikit.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!