6 Kesalahan Saat Mulai Berbisnis

90

redaksi.co.id – 6 Kesalahan Saat Mulai Berbisnis

Jadi seorang pengusaha sukses tidak terlalu sulit seperti yang Anda bayangkan. Dengan dedikasi yang tinggi, kesabaran, dan fokus, menjadi pengusaha sukses dapat dengan mudah diraih.

Mengutip dari Entrepreneur, Minggu (30/7/2016), ternyata hal sulit yang selalu terjadi adalah pada saat seseorang mulai berusaha meraih kesuksesannya. Pada saat seseorang mulai berbisnis, mereka biasa melakukan kesalahan yang tidak disadari.

Berikut 7 kesalahan saat mulai berbisnis:

1. Menghabiskan setiap uang yang Anda punya

Jika Anda baru saja memulai berbisnis, tentunya ada euforia tersendiri ketika memperoleh keuntungan dengan jumlah yang banyak.

Sayangnya, seringkali para pebisnis pemula menghabiskan uang tersebut untuk kepentingan pribadi mereka, seperti rumah mewah.

Para pebisnis sukses tidak akan melakukan tindakan seperti itu, mereka malah akan berusaha hidup dengan biaya hidup yang rendah. Salah satunya adalah Warren Buffet, yang masih tinggal di rumah tuanya.

2. Berekspetasi terlalu tinggi

Ketika seorang pengusaha sukses bermimpi tentang kesuksesannya, dia berusaha agar berekspresi tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan kenyataan. Dia tahu bahwa dirinya tidak akan menjadi orang sukses dalam waktu semalaman. Butuh kerja keras dan kesabaran untuk meraih tujuannya.

Contohnya adalah seorang pelari maraton, dia tidak akan berhasil lari sepanjang 5 km tanpa adanya latihan dan pemanasan terlebih dahulu. Tinjau segala kemajuan yang Anda telah buat dan sudah sampai mana tujuan Anda.

3. Mengikuti orang lain secara buta

Dalam berbisnis tentunya adalah kesempatan tersendiri bertemu dengan seorang mentor maupun mempelajari tips sukses dari orang yang telah sukses.

Sayangnya, Anda harus mencermati tips tersebut dan tidak mengikutinya secara mentah-mentah. Hal yang perlu diperhatikan adalah apa yang membuat orang tersebut sukses mungkin saja tidak berlaku bagi Anda.

4. Terlalu banyak pakai kartu kredit

Kartu kredit memang berguna ketika Anda ingin membangun modal atau berinvestasi dengan bisnis Anda. Sayangnya, keputusan Anda untuk terlalu banyak menggunakan kartu kredit bukanlah keputusan yang tepat. Bukannya berinvestasi dengan bijak atau menambah modal di bisnis Anda, Anda justru sibuk membayar tagihan kartu kredit.

5. Tidak percaya diri

Jika Anda tidak mempercayai diri Anda sendiri, bagaimana calon konsumen Anda mempercayai bisnis yang Anda kelola? Anda harus mempercayai setiap perkataan hati Anda, dibandingkan menunggu motivasi dari orang-orang di sekitar Anda.

6. Melakukan segala hal sendirian

Dalam berbisnis, melakukan segala hal sendirian adalah hal yang mustahil. Anda perlu memperkerjakan orang-orang berbakat yang akan meningkatkan kekuatan bisnis Anda dan menambal segala kekurangan yang Anda punya. (Aldo Lim/Ndw)

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!