Kisah Annie Moore, Bocah Imigran 'Pertama' yang Mendarat di AS

redaksi.co.id - Kisah Annie Moore, Bocah Imigran 'Pertama' yang Mendarat di AS Pada tahun 1892 hingga 1945, Pulau Ellis atau 'Isle of Hope', Georgia, merupakan wilayah...

7 0

redaksi.co.id – Kisah Annie Moore, Bocah Imigran 'Pertama' yang Mendarat di AS

Pada tahun 1892 hingga 1945, Pulau Ellis atau ‘Isle of Hope’, Georgia, merupakan wilayah pemberhentian pertama bagi lebih dari 20 juta imigran yang ingin memasuki AS.

Masing-masing orang datang dengan kisah yang berbeda-beda, meninggalkan kampung halaman demiharapan untuk menemukan kehidupan yang lebih layak.

Seperti salah seorang imigran, gadis Irlandiaberusia 17 tahun, yang kini patungnya berdiri kukuh di dermaga Cobh, Irlandia.

Dikutip dari Thevintagenews.com, Minggu (31/7/2016), Annie Moore merupakan salah satu dari 4 juta orang Irlandia yang berlayar ke New York dan menjalani kehidupan baru di Amerika Serikat.

Ketika pulau Ellis secara resmi dibuka pada 1 Januari 1982, Annie — bersama dua orang adik laki-lakinya — merupakan penumpang pertama yang berhasil terdaftar sebagai imigran AS.

Annie berlayar dari Queenstown, County Cork, Irlandia, pada 20 Desember 1891, bersama Anthony dan Philip, menggunakan kapal S.S Nevada.

Ketiga anak itu menghabiskan 12 dari berada di lautan bersama dengan lebih kurang 148 penumpang dek lainnya.

Pada 31 Desember 1891 malam, mereka sampai di New York dan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Ellis keesokan harinya.

Pada tahun baru itu, ketiga anak Matthew dan Julia Moore kembali bertemu dengan orangtua mereka yang telah terlebih dahulu datang ke AS pada 1888.

Ketiga anak itu lalu dibawa orang tua mereka tinggal di 32 Monroe Street di Manhattan.

Sebagai orang pertama yang berhasil masuk ke dalam fasilitas baru AS tersebut, Annie yang saat itu berulang tahun ke-17, diberikan penghargaan 10 butir emas US$ 10 oleh pemerintah AS.

Setelah resmi menjadi warga AS, Annie kemudian menikah dengan seorang imigran asal Jerman, Joseph Augustus Schayer — seorang karyawan di Fulton Fish Market Manhattan.

Bersama Joseph, Annie memiliki setidaknya 11 anak. Namun, pada 6 Desember 1924, imigran pertama AS itu meninggal dunia akibat menderita serangan jantung.

Jasad Annie kemudian dikuburkan di Calvary Cemetery, Queens. Pada Agustus 2006, kuburan tak bernama perempuan itu berhasil ditemukan.

Pada 11 Oktober 2008, sebuah upacara yang didedikasikan untuk pembukaan makam baru Annie, diadakan di Calvary. Makam tersebut diberi salib yang terbuat dari batu kapur biru Irlandia.

Annie Moore merupakan salah satu imigran yang menandai ‘keberadaan’ resmi Pulau Ellis.

(red/ahmat/dhy/urniawan/RAK)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!