Detik-detik Lava 'Tersenyum' Mengalir ke Samudera Pasifik

redaksi.co.id - Detik-detik Lava 'Tersenyum' Mengalir ke Samudera Pasifik Seorang fotografer berhasil mengabadikan foto aliran lava 'tersenyum' yang luar bisa di Gunung ApiKilauea, Hawaii, Samudera Pasifik.Rekaman...

87 0

redaksi.co.id – Detik-detik Lava 'Tersenyum' Mengalir ke Samudera Pasifik

Seorang fotografer berhasil mengabadikan foto aliran lava ‘tersenyum’ yang luar bisa di Gunung ApiKilauea, Hawaii, Samudera Pasifik.

Rekaman aliran api tersebut mengalir dari puncak gunung menuju lautan pun berhasil diambil oleh Paradise Helicopters, minggu lalu, dikutip dari Daily Mail, Minggu (31/7/2016).

Dalam video tersebut terlihat lavadi Kilauea mengaliri lereng gunung di Hawaii Volcanoes National Park, menuju lautan lepas Samudera pasifik.

Di dalam rekaman tersebut terlihat retakan lava di dalam kawah api membentuk gambar emoji ‘tersenyum’, sebelum akhirnya pecah dan mengalir ke laut.

Kilauea merupakan salah satu gunung api paling aktif di dunia. Gunung tersebut merupakan ‘perisai’ yang membentuk sisi tenggara Big Island, Hawaii.

Gunung api tersebut menjulang setinggi 4.190 kaki di atas permukaan laut dan membentang seluas 14 persen dari Big Island.

Sejak Mei 2016, aliran lavasepanjang 6,5 mil mengalir di sepanjang sayap selatan Kilauea, selebar 20 meter, hingga akhirnya ‘menetes’ di Samudera pasifik pada 26 Juli 2016 pagi waktu setempat.

Saat mencapai lautan, aliran lava tersebut membentuk gumpalan uap besar dan mulai membeku menjadi batu — merupakan atraksi yang disukai pengunjung.

Menurut badan peneliti pergerakan alam, USGS, fenomena alam tersebut bisa sangat membahayakan bahkan mematikan, jikawisatawan berada terlalu dekat.

Badan tersebut bahkan telah mengeluarkan peringatan daftar bahaya yang diakibatkan oleh runtuhan tepian tebing, asap asam, gumpalan uap, dan aliran lava cepat (jet lava).

Peringatan tersebut belum termasuk risiko terkilir, serangan uap panas, dan luka lainnya saat mendaki ke kawah gunung.

Meskipun telah aktif sejak 1983, ini kali pertamanya lava ‘tersenyum’ tersebut mencapai lautan.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!