5 Cara Mudah Menjadi Kaya

redaksi.co.id - 5 Cara Mudah Menjadi Kaya Semakin meningkatnya nilai inflasi, semakin meningkat pula biaya hidup seseorang. Jika hanya mengandalkan upah minimum dari kantor akan semakin...

20 0

redaksi.co.id – 5 Cara Mudah Menjadi Kaya

Semakin meningkatnya nilai inflasi, semakin meningkat pula biaya hidup seseorang. Jika hanya mengandalkan upah minimum dari kantor akan semakin menyulitkan Anda bertahan di era yang serba mahal ini.

Tapi memiliki uang yang lebih bukanberarti bisa membuat Andakaya. Bisa saja, jika pengeluaran Anda tak dikelola dengan baik, kelebihan uang tersebut bakal lenyap begitu saja.

Oleh karena itu, agar bisa menjadi kaya, Anda perlu mengatur dengan baik kelebihan uang tersebut. Anda harus mampu mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan cara menabung dan mengolah uang tersebut.

Dikutip dari lifehack.org, Minggu (31/7/2016), berikut ini cara mengatur keuangan agar bisa bertahan hidup dan bahkan bisa menjadi kaya:

1. Atur limit kartu kredit.

Membeli barang dengan kartu kreditmerupakan hal lumrah. Walaupun nantiAnda akan mendapatkan gaji dan bisa membayar utang kartu kredit. Jangan habiskan uang yang Anda punya sebelum menerima gaji.

Sebenarnya untuk hidup kita hanya membutuhkan makan, baju, dan biaya transportasi. Untuk memenuhi kebutuhan itulah gaji Anda seharusnya digunakan bukan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Berinvestasi

Kapanpun Anda mendapatkan gaji lebih baik berupa Tunjangan Hari Raya (THR), bonus atau yang lainnya, harus bisa Anda simpan dengan sebaik-baiknya. Masukkanuang itu di tabungan berbunga tinggiatau investasikan.

Hal ini akan sangat berguna jika nantinya anda memiliki rencana masa depan untuk melanjutkan pendidikan atau menikah dan memiliki anak sendiri.

3. Buat rencana keuangan

Menyewa seorang profesional yang bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan memang menjamin, tapi itu justru akan membuat Anda mengeluarkan lebih untuk membayar jasanya. Mulai dengan mengingat kebiasaan Anda sehari-hari.

Apa yang anda makan, transportasi apa yang digunakan untuk berangkat kerja bahkan berapa baju yang biasa Anda beli. Memang kebiasaan ini akan sulit dihilangkan, tapi Anda harus ingat bahwa menabung jauh lebih penting daripada menuruti keinginan diri sendiri untuk belanja sesuatu.

4. Bahagiakan diri

Setelah mampu mengatur keuangan dengan baik, penting bagi Anda untuk mendapatkan hadiah dengan membeli sesuatu yang memang Anda idam-idamkan sejak lama sebagai hadiah untuk diri sendiri. Menabung memang sangat penting tapi kepuasan dalam hidup juga patut didapatkan.

5. Orang cerdas mampu membuat uang mencarinya

Alasan mengapa seseorang bisa kaya adalah ia mampu mengumpulkan uang lebih banyak dan menghabiskan uang lebih sedikit dari kebanyakan orang lain. Mereka fokuskan uang yang mereka dapat untuk berinvestasi daripada memikirkan berapa uang yang akan mereka dapatkan sehingga pada akhirnya mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang dan menggunakannya dengan bijaksana.

Pada dasarnya waktu adalah uang, tapi jika waktu berbalik melawan Anda lalu apa yang akan lakukan untuk mengubah waktu sebagai uang Anda? Membuat uang untuk bisa mencari Anda adalah dengan meletakkan waktu yang anda butuhkan secara berdampingan bukan mengacuhkannya. Menghasilkan uang lebih banyak dari menghabiskannya ada cara paling ampuh untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. (Nabila)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!