Pertimbangan Utama Sebelum Beli Motor Baru, Pilih Tunai atau Kredit?

77

redaksi.co.id – Pertimbangan Utama Sebelum Beli Motor Baru, Pilih Tunai atau Kredit?

Bagi anda, memiliki sebuah kendaraan pribadi bisa saja menjadi hal yang sudah tidak bisa ditunda lagi. Hal ini menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi karena mungkin telah sangat dibutuhkan dalam mendukung berbagai aktifitas dan juga pekerjaan anda sehari-hari. Ada banyak sekali orang yang menjadikan sepeda motor sebagai kendaraan utama di dalam kehidupan mereka, di mana mereka merasa jauh lebih nyaman dan mudah dalam menjalankan berbagai pekerjaan mereka.

Sebagian orang mungkin bisa dengan mudah membeli sebuah motor secara tunai, terutama jika mereka memiliki sejumlah dana yang cukup untuk hal tersebut. Namun tentu tidak semua orang dapat melakukannya, karena harga motor terbilang tidak murah juga, bisa mencapai belasan juta atau bahkan puluhan juta.

Bagi yang tidak memiliki sejumlah dana yang cukup besar untuk melakukan pembelian secara tunai, maka pilihan pembelian secara kredit bisa menjadi bahan pertimbangan. Saat ini ada banyak leasing yang menyediakan jasa pembiayaan untuk hal tersebut, anda bisa menemukan salah satu yang terbaik untuk pembelian yang akan anda lakukan.

Saat ini, membeli sebuah motor bukanlah hal yang sulit lagi untuk dilakukan, bahkan jika anda hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas sekalipun. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh pihak dealer dan leasing, tentu bisa menjadi sebuah pertimbangan anda untuk lebih mudah dalam menentukan pilihan. Namun, jika ternyata anda memiliki sejumlah dana yang cukup besar dan bisa dialokasikan untuk pembelian tersebut, maka pilihan pembelian secara tunai bisa menjadi pilihan.

Sebelum menentukan pilihan cara pembelian yang akan anda gunakan, maka ada baiknya anda cermati beberapa poin di bawah ini sebagai bahan pertimbangan:

Apa Kebutuhan Anda untuk Membeli Motor? viawartabuana.com

Hal utama yang wajib anda ketahui sebelumnya adalah kebutuhan anda akan sebuah motor. Hal ini sangat penting untuk dipahami dan ditentukan sejak awal, jangan sampai anda membeli sebuah motor yang tidak bermanfaat maksimal bagi diri anda sendiri. Misalnya, ketika anda membutuhkan sebuah motor hanya untuk dijadikan sebagai alat transportasi mengantar jemput anak ke sekolah, maka akan sangat tidak tepat jika anda membeli sebuah motor gede. Untuk kebutuhan ini, anda cukup membeli sebuah motor maticsaja, agar pasangan anda juga bisa menggunakannya ketika akan menjemput anak ke sekolah.

Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli sebuah motor yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Di luar sana, ada banyak sekali orang yang memaksakan diri membeli motor mahal dan besar, meskipun sebenarnya mereka kesulitan dan juga tidak nyaman untuk mengendarainya setiap hari ke tempat kerja. Pastikan anda memilih motor yang tepat dan nyaman untuk anda kendarai, terutama jika anda akan menggunakannya setiap hari ke tempat kerja anda.

Apapun jenis dan juga merk motor pilihan anda, tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan anda, baik itu ketika anda membeli motor secara kredit ataupun tunai. Membeli sebuah motor di luar kemampuan keuangan, hanya akan membuat anda mengalami kesulitan keuangan, dan bahkan bisa membuat anda mengalami gagal bayar jika anda membelinya secara kredit. Jangan pernah memilih sebuah motor yang harganya di luar kemampuan keuangan anda.

Hal yang paling tepat untuk mengatasi ini adalah dengan cara menyusun anggaran, lihat kemampuan keuangan anda dan pastikan semua pos yang terdapat di sana tidak mengalami gangguan atas pembelian yang akan anda lakukan. Jika anda membelinya dalam keadaan tunai, maka pastikan dana yang akan anda alokasikan adalah dana tabungan dan bukan sejumlah dana investasi yang anda miliki.

Namun jika anda berniat untuk membelinya secara kredit, maka anda harus memperhitungkan dan menyiapkan sejumlah uang muka untuk pembelian tersebut. Lakukan simulasi kredit, agar mengetahui besaran cicilan dan juga kemampuan bayar anda terhadap cicilan tersebut. Pertimbangkan kemampuan bayar anda setiap bulannya, maksimal hanya sebesar 40% saja dari penghasilan yang anda miliki. Jangan mengambil sejumlah cicilan yang besar di luar kemampuan anda, hal seperti ini hanya akan mengganggu pos pengeluaran rutin atau pokok di dalam keuangan anda.

Apakah Anggarannya Ada? via thenextweb.com

Saat akan melakukan pembelian motor, baik itu dengan cara kredit atau tunai, maka sangat penting bagi anda untuk melihat terlebih dahulu rencana keuangan anda di masa yang akan datang. Jangan sampai pembelian tersebut mengganggu berbagai rencana keuangan anda yang sebelumnya telah anda susun dengan baik.

Misalnya: sebelumnya anda telah memiliki keinginan untuk berbisnis dan telah mengumpulkan sejumlah dana untuk hal tersebut. Namun karena berniat membeli motor, maka anda menghabiskan seluruh dana bisnis tersebut untuk pembelian motor, dan bisnis tidak jadi dijalankan. Jika kondisi keuangan anda seperti ini, maka pilihan paling tepat adalah mengajukan pembelian motor secara kredit, sehingga bisnis anda tetap bisa berjalan dan motor bisa anda miliki dalam waktu bersamaan.

Namun dalam pembelian kredit, anda juga akan diwajibkan untuk membayar sejumlah cicilan setiap bulannya, dan hal ini akan mempengaruhi pos pengeluaran dalam kurun waktu yang cukup lama. Pembelian kredit juga akan mempengaruhi berbagai rencana di dalam keuangan anda di masa yang akan datang, karena itu selalu lakukan perhitungan awal dan juga pertimbangan yang matang.

Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan metode pembelian yang akan anda gunakan. Baik itu pembelian secara tunai ataupun pembelian secara kredit, keduanya memiliki di dalam pelaksanaannya. Wajib bagi anda mengetahui semua keuntungan dan juga kerugian yang akan anda dapatkan atas metode pembelian yang akan anda gunakan. Simak beberapa poin di bawah ini sebagai pertimbangan:

Ini bisa anda jadikan pilihan, hanya jika anda benar-benar memiliki sejumlah dana yang mencukupi untuk melakukannya. Bagi sebagian besar orang, mungkin ini mudah dilakukan, terutama jika mereka memiliki sejumlah dana yang cukup besar dan bisa dialokasikan. Namun bagi anda yang hanya memiliki dana pas-pasan, simak keuntungan dan juga kerugian pembelian tunai berikut ini sebagai bahan pertimbangan:

bisa saja menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang tidak memiliki sejumlah dana yang besar. Namun, hal ini juga akan menimbulkan berbagai keuntungan dan kerugian dalam keuangan anda, antara lain:

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dan juga kerugian atas pembelian motor secara tunai ataupun secara kredit, maka anda tentu telah memiliki gambaran mengenai pilihan yang paling tepat bagi anda. Keputusan mengenai pembelian ini tentu harus anda lakukan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan anda.

Apapun metode pembelian yang akan anda pilih, baik tunai ataupun kredit, hal ini tentu harus diputuskan dengan mempertimbangkan kebutuhan anda akan motor itu sendiri. Selain hal tersebut, pastikan kondisi keuangan akan tetap berjalan dengan baik pasca pembelian motor tersebut dilakukan. Jangan memaksakan diri membeli jenis motor tertentu yang harganya berada di luar kemampuan keuangan anda, tindakan seperti ini akan membuat anda tidak bisa mendapatkan manfaat maksimal atas pembelian tersebut.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!