Paus Fransiskus: Islam Tidak Terkait Kekerasan Terorisme

96

redaksi.co.id – Paus Fransiskus: Islam Tidak Terkait Kekerasan Terorisme

Pemimpin gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus menegaskan, ketidakadilan sosial dan menjadikan uang sebagai Tuhan adalah penyebab terjadinya terorisme. Sehingga Paus menilai terjadi kekeliruan mengidentifikasi Islam dengan kekerasan dalam aksi-aksi terorisme. “Saya pikir tidak tepat mengidentifikasi Islam dengan kekerasan. Ini tidak tepat dan ini tidak benar,” kata Paus kepada jurnalis dalam pesawat yang membawanya pulang dari Polandia ke Roma.

Menurut Paus Fransiskus, hampir semua agama memiliki kelompok fundamentalis. “Kami juga punya,” ujarnya merujuk pada agama Katolik. Paus Fransiskus menanggapi pertanyaan jurnalis sehubungan terjadi pembunuhan terhadap pastor Katolik Roma Jaqcues Hamel oleh dua pengikut kelompok teroris ISIS pada Selasa, 26 Juli 2016 pagi.

Pastor Hamel memimpin misa pagi di gereja Gambetta, Saint-Etienne-en-Rouvray di dekat Kota Rouen di Prancis ketika dua pelaku menyerang, menyandera,hingga membunuh pastor berusia 85 tahun itu. Paus menjelaskan, terorisme tumbuh ketika tidak ada pilihan dan uang menjadi tuhan. Ini yang pertama membentuk terorisme. Menentang kemanusiaan adalah dasar dari terorisme,” kata Paus Fransiskus.

Selain itu, sedikitnya peluang ekonomi bagi orang muda di Eropa juga menjadi pemicu terjadinya terorisme. Mereka jadi pengangguran, dan kemudian terlibat narkoba, alkohol atau ikut ISIS. Manusia tidak menjadi pusat dalam perekonomian dunia.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!