5 Pemandangan Langit Malam Menakjubkan yang Tak Boleh Dilewatkan

111

redaksi.co.id – 5 Pemandangan Langit Malam Menakjubkan yang Tak Boleh Dilewatkan

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk mematikan lampuyang berada di luar ruangan pada Sabtu, 6 Agustus 2016, pukul 20.00-21.00 waktu setempat. Lalu, apa maksud kegiatan tersebut?

Dilakukan bertepatan dengan Hari Keantariksaan, Lapan menggagas kegiatan itu sebagai kampanye “Malam Langit Gelap”. Tujuannya, untuk membangun kesadaran publik tentang menyelamatkan malam dari polusi cahaya yang telah mengubur keindahan langit malam.

Galaksi Bima Sakti atau Milky Way yang sebenarnya dapat dinikmati keindahannya secara langsung, seakan menghilang dari pandangan karena terhalang oleh polusi cahaya.

Menurut penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Science Advances, para ilmuwan meyakini bahwa sepertiga penduduk Bumi tak dapat melihat Milky Way atau Galaksi Bima Saktipada langit malam.

Mereka juga mengatakan, sebanyak 83 persen populasi dunia dan lebih dari 99 persen populasi di AS dan Eropa hidup di bawah polusi cahaya yang disebabkan karena bertaburnya lampu, terutama di perkotaan, sehingga menyebabkan langit tampak terang dan mengalahkan cahaya bintang.

Sebagian orang yang saat ini telah berumur paruh baya, kemungkinan pernah merasakan indahnya langit malam berhias bintang ketika masih kecil. Bahkan beberapa dari mereka, mungkin pernah bermain di pekarangan rumah bermandikan cahaya purnama.

Sayangnya, saat ini pesona langit malam telah ‘terkubur’ dan hampir sama sekali tak dapat dinikmati, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan.

Apakah Anda, khususnya generasi sekarang, pernah membayangkan atau bahkan menyaksikan secara langsung pemandangan langit malam yang benar-benar terbebas dari polusi cahaya?

Beberapa foto yang diabadikan di sejumlah tempat minim polusi cahayaberikut ini, mungkin akan membuat Anda langsung memutuskan untuk bergabung dengan kampanye “Malam Langit Gelap”.

1. Langit Malam Bertabur Bintang

2. BimaSakti Menghiasi Langit Gurun Atacama

3. MilkyWaydi Atas Pegunungan Alpen

4. Memandang Galaksi BimaSakti dariLa Silla Observatory

5. MilkyWaydi Langit Paranal, Chile

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!