Melahirkan di Usia 62, Nenek Ini Dikecam Dokter Australia

redaksi.co.id - Melahirkan di Usia 62, Nenek Ini Dikecam Dokter Australia Tindakan seorang nenek yang melahirkan anak melalui metode tabung (IVF) di usianya yang sudah memasuki...

12 0

redaksi.co.id – Melahirkan di Usia 62, Nenek Ini Dikecam Dokter Australia

Tindakan seorang nenek yang melahirkan anak melalui metode tabung (IVF) di usianya yang sudah memasuki 62 tahun, mendapat kecaman dari dokter Australia. Nenek itu dinilai egois karena tidak memikirkan kesehatannya sendiri. Wanita yang tidak disebutkan namanya itu melahirkan anak perempuan melalui operasi di sebuah rumah sakit swasta di Melbourne Senin lalu.

Ia pun menjadi ibu tertua yang melahirkan anak di Australia. Presiden Asosiasi Medis Australia (AMA), Michael Gannon mengecam keputusan wanita itu dan pasangannya yang berusia 78 tahun, untuk melahirkan anak pada usia lanjut. Ia mengatakan tindakannya itu salah. Gannon menjelaskan, perempuan yang sudah berusia lanjut seharusnya mementingkan kesehatan dibandingkan memikirkan untuk mendapatkan anak.

“Wanita hamil pada usia lanjut berisiko mengidap diabetes, masalah tekanan darah, serangan jantung, stroke dan darah beku,” kata dia, melalui pernyataannya di situs sosial Twitter. “Isu ini juga melibatkan soal hak terutama masa depan bayi dan pandangan masyarakat.” Di Australia, tidak ada larangan bagi wanita tua melakukan perawatan IVF untuk mendapatkian anak.

Tapi, ia mengatakan, perempuan yang sudah berusia di atas 50 tahun, tidak dianjurkan melakukannya karena alasan kesehatan. Senada dengan Gannon, ahli pengembangan IVF, Profesor Gab Kovacs mengatakan, mengandung di usia 62 tahun dapat membahayakan nyawa bayi dan ibunya. Ia mengungkapkan, dampaknya bisa menyebabkan perempuan tersebut mengidap penyakit darah tinggi.

(red/uli/etiyo/udi/JSB)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!