Jokowi Perluas Pasar Produk Farmasi ke Ukraina

redaksi.co.id - Jokowi Perluas Pasar Produk Farmasi ke Ukraina Presiden Joko Widodo(Jokowi) mendapat kunjungan kenegaraan dari Presiden UkrainaPetro Poroshenko di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan bilateral kedua...

29 0

redaksi.co.id – Jokowi Perluas Pasar Produk Farmasi ke Ukraina

Presiden Joko Widodo(Jokowi) mendapat kunjungan kenegaraan dari Presiden UkrainaPetro Poroshenko di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan bilateral kedua negara tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama ekonomi.

Jokowi mengatakan, Ukraina merupakan mitra dagang terbesar kedua di kawasan Eropa Timur dan Tengah. Karena itu, Indonesia sangat berharap Ukraina bisa menjaga stabilitas politik dan ekonomi sehingga kerja sama kedua negara tidak terganggu.

Indonesia ingin menjajaki peningkatan kerja sama perdagangan dan investasiagar akses pasar bagi produk unggulan Indonesia lebih terbuka. “Seperti coklat, minyak sawit, kertas, serta perluasan distribusi produk farmasi dan alat kesehatan,” imbuh Jokowi.

“Selain itu, ada kemungkinan kerja sama Indonesia dan Ukraina di bidang pembuatan turbin untuk power plantdanjuga yang berkaitan dengan investasi pengolahan coklatdi Indonesia,” lanjut Jokowi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dari pertemuan antara Jokowidengan Presiden Ukrainatersebut juga ditandatangani 4 nota kesepahaman di bidang pertanian, bebas visa, pelatihan diplomat, dan pertahanan.

“MOU yang ditandatangani yaitu bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas. Kedua, MOU untuk pelatihan diplomasi, diplomasi bertukar untuk menjalani diplomatic training di masing-masing negara. Itu akan merekatkan kedua pihak di bidang diplomatik,” jelas Retno.

Sementara, di bidang pertanian kerja sama fokus pada risetteknologi pertanian, pertukaran ahli di bidang pertanian, kerjasama peternakan, karantina hewan, pengembangan makanan, investasi pertanian, dan sebagainya.

“Ukraina adalah salah satu negara yang menghasilkan gandum cukup besar dan 60 persen komponen ekspor Ukraina ke Indonesia adalah gandum. Sementara dari Indonesiake Ukraina palm oil. Memang terdapat potensi untuk dikembangkan,” imbuh dia.

Kemudian, kerja sama pertahanan akan ada beberapa bidang seperti pertukaran kunjungan, industri pertahanan dan logistik, pertukaran informasi di bidang pertahanan. (AhmadRomadoni/Gdn)

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!