Jepang Ajak Pemimpin Dunia Kunjungi Kota Korban Bom Atom Hiroshima

redaksi.co.id - Jepang Ajak Pemimpin Dunia Kunjungi Kota Korban Bom Atom Hiroshima Pada 6 Agustus, 71 tahun lalu, bom atom dijatuhkan di Hiroshima.Hari ini, Sabtu (6/8/2016)...

18 0

redaksi.co.id – Jepang Ajak Pemimpin Dunia Kunjungi Kota Korban Bom Atom Hiroshima

Pada 6 Agustus, 71 tahun lalu, bom atom dijatuhkan di Hiroshima.

Hari ini, Sabtu (6/8/2016) Pemerintah Jepang mengundang Presiden Barack Obama dan pemimpin dunia mengunjungi situs bom Hiroshima.

Bahkan pemerintah negeri Sakura ini mengajak semua pemimpin dunia untuk mengikuti jalan Obama tidak menggunakan senjata nuklir dan lebih mengedepankan perdamaian dunia.

Mengutip bagian pidato Obama di Hiroshima pada Mei lalu, Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui mendesak negara-negara dengan senjata nuklir memiliki keberanian untuk menarik diri menggunakan senjata tersebut sehingga tidak menimbulkan rasa takut bagi bangsa-bangsa di dunia.

“Kita perlu untuk mengikuti pembuat kebijakan kami dengan semangat untuk memperkuat kesatuan dan menciptakan sistem keamanan yang berdasarkan kepercayaan dan dialog,” katanya.

“Untuk itu, saya sekali lagi mendesak para pemimpin dari semua bangsa untuk mengunjungi kota-kota yang jadi tanda kejamnya aksi bom nuklir itu.”

Sekitar 50.000 orang menghadiri upacara di Hiroshima Peace Park dekat pusat gempa bom tersebut.

Setelah kunjungan Presiden Obama, jumlah pengunjung museum bom atom meningkat sedikitnya 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dihadiri turis domestik dan turis asing di Hiroshima.

Dalam kunjungan pada 27 Mei 2016 silam itu, Obama juga sempat mengunjungi Hiroshima Peace Memorial Park, dan mengenang korban tewas yang mencapai 140.000 orang.

6 Agustus 1945 lalu, pengeboman itu memakan korban jiwa 140.000 orang tewas. Bom atom lainnya, pengeboman tiga hari kemudian di Nagasaki membunuh lebih dari 70.000 orang.

Penghancuran kota Hiroshima oleh Amerika Serikat itu terjadi sekitar pukul 08.15 waktu setempat.(AP)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!