Olimpiade Rio 2016 Cetak Rekor Pendapatan Terbesar

redaksi.co.id - Olimpiade Rio 2016 Cetak Rekor Pendapatan Terbesar Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro 2016 sukses menorehkan rekor sebagai pagelaran olah raga yang mendulang...

28 0

redaksi.co.id – Olimpiade Rio 2016 Cetak Rekor Pendapatan Terbesar

Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro 2016 sukses menorehkan rekor sebagai pagelaran olah raga yang mendulang uang terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraannya dalam 120 tahun.

Melansir laman Independent, Sabtu (6/8/2016), tahun ini perusahaan televisi rela membayar hingga US$ 4 miliar atau setara Rp 52,7 triliun untuk menayangkan festival olahraga yang berlangsung empat tahunan sekali tersebut.

Demikian pula pendapatan panitia dari sponsor. Gabungan dana yang didapat dari sponsor mampu menggapai nilai pasar lebih dari US$ 1,5 triliun. Angka tersebut juga bisa bertambah dari total keuntungan marketing yang bisa mencapai US$ 9,3 miliar.

Atlet yang bertanding di ajang ini juga tidak kalah mendapat keuntungan yang besar. Sepuluh besar atlet terkaya di Olimpiade ini mampu mendulang kekayaan total hingga US$ 388 juta.

Hadiah yang bisa didapatkan atlet juga sangatlah besar. Pada Olimpiade musim panas sebelumnya, atlet lari Usain Bolt dikabarkan mampu mendapat hadiah US$ 2,5 juta. Angka tersebut sepuluh kali lebih besar apabila dibandingkan dengan hadiah yang didapat oleh atlet tennis terkenal Novak Djokovic.

Olimpiade Rio de Janeiro tidak hanya mampu mendapuk sponsor dari dalam negri. Berbagai sponsor multinasional juga banyak yang bersedia membiayai acara bergensi ini. Sebut saja miliarder asal Meksika Carlos Slim. Ia dikabarkan memberikan sponsor sebesar US$ 320 juta kepada tim penyelenggara.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa keuntungan yang didapat dari Olimpiade ini sebagian besar akan dimanfaatkan kembali oleh tim penyelenggara. Hanya enam persen dari keuntungan yang didapat yang dijadikan gaji bagi atlet.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!