Cina Mulai Uji Bus Melayang, Indonesia Berminat?

redaksi.co.id - Cina Mulai Uji Bus Melayang, Indonesia Berminat? Beberapa bulan setelah desainnya diresmikan ke publik, konsep bus melayang Cina menjadi kenyataan. Bus listrik setinggi 4,8...

14 0

redaksi.co.id – Cina Mulai Uji Bus Melayang, Indonesia Berminat?

Beberapa bulan setelah desainnya diresmikan ke publik, konsep bus melayang Cina menjadi kenyataan. Bus listrik setinggi 4,8 meter itu memiliki bagian tempat penumpang yang ditinggikan dari tanah, sehingga memungkinkan dua jalur mobil lewat di bawahnya.

Pemerintah Cina pada hari Selasa, 2 Agustus 2016, menunjukkan sebuah prototipe yang beroperasi di jalan-jalan di kota pelabuhan Qinhuangdao, yang akan menjadi bagian dari percobaan percontohan selama beberapa bulan ke depan. Jika berhasil, kendaraan ini akan menambah moda angkutan massal ke banyak kota-kota padat Cina.

Karena tinggi, bus ini dimaksudkan untuk membuat gangguan minimal terhadap lalu lintas jalan. Bus ini juga tidak membutuhkan biaya tambahan infrastruktur seperti yang dibutuhkan sistem kereta bawah tanah.

Menurut kantor berita Xinhua , TEB-1 (Transit Elevated Bus) ini akan dapat mengangkut hingga 300 penumpang sekaligus, dan berukuran panjang 22 meter dan lebar 7,8 meter. Bus ini diharapkan dapat melakukan perjalanan sekitar 60-80 km/jam.

Desain bulan lalu telah mencatat kapasitas yang jauh lebih besar, 1.200 penumpang, setara dengan 40 bus. Kemungkinan bahwa beberapa bus akhirnya akan digabungkan untuk membentuk sebuah sistem yang lebih panjang.

Perusahaan Cina di belakang bus itu, Tebtech, mengklaim bahwa beberapa negara seperti Nigeria, Brasil, Meksiko, Spanyol, Prancis dan Indonesia telah menyatakan minatnya terhadap kendaraan tersebut. MASHABLE | ERWIN Z

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!