Mirip Pokemon Go, Tapi Ini Untuk Mencari Masjid

redaksi.co.id - Mirip Pokemon Go, Tapi Ini Untuk Mencari Masjid Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menciptakan aplikasi baru di handphone untuk membantu...

12 0

redaksi.co.id – Mirip Pokemon Go, Tapi Ini Untuk Mencari Masjid

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menciptakan aplikasi baru di handphone untuk membantu umat muslim di kota itu untuk mencari masjid. Aplikasi bernama Go Go Masjid itu akan memudahkan untuk mencari tempat ibadah terdekat. Hampir mirip Pokemon Go. Namun, ini bukan untuk mencari monster.

Mahasiswa pencipta aplikasi itu adalah Wisnu Candi Abdi Kusumo. Aplikasi berlogo masjid dua dimensi itu berfungsi untuk mencari masjid di Kota Pahlawan dengan menggunakan teknologi augmented reality berbasis Android.Wisnu menjelaskan, aplikasi tersebut terintegrasi dengan internet, kompas, global positioning system (GPS), dan akselerometer pada smartphone Android.

“Untuk saat ini, aplikasinya baru bisa digunakan di Android versi 5.0,” ujarnya.

Cara kerja aplikasi tersebut cukup mudah. Tinggal klik aplikasi Go Go Masjid dan arahkan kamera ke timur, barat, utara, atau selatan. Lalu, pilih lokasi masjid terdekat.

Selanjutnya, di layar ponsel tertera data detail masjid. Mulai nama masjid, alamat, kota, kecamatan, nomor identitas (ID) masjid, dan topologi. Aplikasi tersebut masih butuh penyempurnaan. Sebab, saat ini aplikasi Go Go Masjid belum bisa di-download di PlayStore.Jumlah masjid yang ada di Go Go Masjid juga masih sedikit. Saat ini baru 238 masjid di Surabaya yang masuk dalam database. Padahal, ada 700 masjid di Surabaya. (rst/c6/fal/flo/)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!