Beda Risma dan Ahok Menurut Aliansi Pemuda Surabaya

redaksi.co.id - Beda Risma dan Ahok Menurut Aliansi Pemuda Surabaya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sama-sama punya prestasi saat...

33 0

redaksi.co.id – Beda Risma dan Ahok Menurut Aliansi Pemuda Surabaya

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sama-sama punya prestasi saat menggusur lokalisasi prostitusi di wilayahnya masing-masing.

Ahok menggusur kawasan Kalijodo sementara Risma menutup lokalisasi Gang Dolly. Namun di mata Aliansi Pemuda Surabaya, ada perbedaan dalam penanganan lokalisasi antara kedua pimpinan daerah itu.

Ketua Aliansi Pemuda Surabaya Jakarta Imam Budi Utomo, mengatakan Basuki memberantas Kalijodo dengan adanya kepentingan pengembang.

Sebaliknya, ia menilai Risma memberantas kawasan Dolly disertai antusiasme masyarakat. “Masyarakat antusias menerima dengan baik, karena tidak ada kepentingan apa-apa,” kata Imam di Jakarta, Ahad 7 Agustus 2016.

Imam mengatakan Risma, yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, berhasil mengubah wajah lokalisasi prostitusi menjadi lebih humanis. “Lahannya dibeli oleh pemerintah kota, dan digunakan untuk memperdayakan masyakat untuk industri UKM di sana,” kata dia.

Risma, kata Imam mengklaim, memiliki cara jitu untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Akibatnya, kata dia menilai wajar, ada sebagaian masyarakat yang tetap menginginkan Risma menyelesaikan masa jabatannya di Surabaya.

“Jadi (Risma) melakukan sesuatu lebih humanis. Kalau pun menggusur tidak semena-mena dan tanpa memberikan solusi. Risma sebelum menggusur memberikan solusi,” kata Imam.

Perbedaan inilah yang menjadi alasan Aliansi mendorong Risma ke Jakarta. Ada empat hal, kata dia, yang membuat Risma bisa maju dalam pemilihan gubernur pada 2016 yaitu dukungan masyarakat, dukungan partai politik, keinginan dari dalam diri Risma, dan takdir.

“Ini tidak akan lepas dari Tuhan. Apabila sudah menakdirkan Risma untuk di Jakarta maka terjadilah,” kata dia.

Aliansi Pemuda Surabaya kemarin mendatangi kediaman Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka mendesak Megawati mencalonkan Risma menantang inkumben Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dukungan untuk Risma terus mengalir. Berbagai kelompok masyarakat di Jakarta mendeklarasikan diri mendukung Risma maju menantang Ahok. Dalam survei opinion leader Lembaga Psikologi Politik UI, Risma masuk dalam tiga nama yang direkomendasikan pakar untuk maju menjadi calon DKI-1. ARKHELAUS W.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!