Internet dalam Sejarah, Website Pertama Hadir 25 Tahun Lalu

redaksi.co.id - Internet dalam Sejarah, Website Pertama Hadir 25 Tahun Lalu Internet menandai hari bersejarah akhir pekan lalu. Situs web pertama, deskripsi Tim Berners-Lee dari proyek...

27 0

redaksi.co.id – Internet dalam Sejarah, Website Pertama Hadir 25 Tahun Lalu

Internet menandai hari bersejarah akhir pekan lalu. Situs web pertama, deskripsi Tim Berners-Lee dari proyek World Wide Web, hadir go public 25 tahun yang lalu pada 6 Agustus 1991.

Ahli komputer Inggris, Berners-Lee, menghadirkan ide itu saat bekerja di sebuah laboratorium fisika Swiss pada 1989. Ia meluncurkan server pertama dua tahun kemudian.

Peluncuran itu tanpa perayaan. Berners-Lee mengumumkan proyek itu pada grup Usenet, dan baru pada 23 Agustus para pengguna baru mengunjungi situs itu. Namun, peluncuran itu secara efektif menandai dimulainya web sebagai alat yang tersedia secara luas.

Lompatan besar menuju era mainstream muncul pada 1993 ketika NCSA merilis web browser pertama yang sangat populer (Mosaic) dan CERN membantu adopsinya dengan membuat software Web itu secara gratis dan open source.

Pendekatan awal Berners-Lee terhadap web lebih sebagai platform untuk kolaborasi akademik antara ahli fisika di universitas dan institusi di seluruh dunia, dan bukan sebagai sebuah revolusi. Namun, tidak ada yang menyangkal bahwa peristiwa 1991 itu menggulirkan perubahan mendasar dalam komunikasi.

Sistem pencarian informasi lain yang menggunakan internet-seperti WAIS dan Gopher-tersedia pada saat itu. Namun, kesederhanaan Web, serta fakta bahwa teknologi itu dibuat bebas royalti pada 1993, menyebabkan adopsi dan perkembangan yang cepat.

Pada akhir 1993, ada lebih dari 500 server web, dan world wide web menyumbang 1 persen dari lalu lintas Internet. Dua dekade kemudian, diperkirakan ada 630 juta situs online. ENGADGET | INDEPENDENT | ERWIN Z. PRIMA

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!