Pertamina Jajaki Ladang Minyak Raksasa di Iran

redaksi.co.id - Pertamina Jajaki Ladang Minyak Raksasa di Iran PT Pertamina (Persero) dan National Iranian Oil Company menandatangani nota kesepahaman untuk melakukan preliminary study terhadap dua...

23 0

redaksi.co.id – Pertamina Jajaki Ladang Minyak Raksasa di Iran

PT Pertamina (Persero) dan National Iranian Oil Company menandatangani nota kesepahaman untuk melakukan preliminary study terhadap dua lapangan minyak raksasa di Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri (Bangestan – Asmari).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Managing Director NIOC Ali Kardor di Kantor Pusat NIOC.

Berdasar nota kesepahaman ini, Pertamina memiliki waktu enam bulan untuk melakukan studi dan menyampaikan preliminary proposal pengembangan kedua lapangan yang memiliki cadangan lebih dari 5

miliar barel tersebut.

“Iran merupakan salah satu prioritas Pertamina. Kami serius untuk melakukan investasi hulu yang akan mendukung Iran dalam meningkatan produksinya, disisi lain langkah ini sejalan dengan upaya perusahaan dalam mendukung ketahanan energi nasional,” kata Dwi, Senin (8/8/2016).

Pertamina berharap agar setelah nota kesepahaman, kerjasama Pertamina dan NIOC bisa terealisasi dalam bentuk lebih konkret berupa kesepakatan kontrak untuk kedua lapangan tersebut.

Iran saat ini mempersiapkan Iranian Petroleum Contract yang akan menandai babak baru industri migas di negara tersebut.

Selain bisnis hulu, Pertamina sebelumnya telah menyepakati kerjasama pasokan LPG.

Pengapalan perdana LPG dari Iran ke Indonesia akan dilakukan pada September 2016.

“Tentu masih banyak peluang mengembangkan kerjasama kedua perusahaan sepyerti kerjasama pengeboran dan oil services, produksi minyak mentah dan kondensat, pengelolaan kilang LNG, petrochemical dan lainnya,” kata Dwi.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!