Tips Pintar Belanja Reksa Dana Online

redaksi.co.id - Tips Pintar Belanja Reksa Dana Online Belanja online semakin digemari masyarakat. Transaksi belanja online itu praktis, cepat dan aman. Kini belanja apa saja bisa...

43 0

redaksi.co.id – Tips Pintar Belanja Reksa Dana Online

Belanja online semakin digemari masyarakat. Transaksi belanja online itu praktis, cepat dan aman. Kini belanja apa saja bisa dilakukan secara online, mulai dari belanja pakaian, kosmetik, gadget, barang-barang elektronik hingga makanan. Tidak hanya itu saja, berinvestasi juga bisa dilakukan secara online berkat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan internet, berinvestasi menjadi lebih mudah.

Dalam beberapa tahun ini, investasi online mulai digemari karena praktis dan aman. Anda bisa berbelanja produk investasi secara online di mana saja dan kapan saja. Salah satu produk investasi pasar modal yang bisa Anda beli secara online adalah reksa dana. Reksa dana merupakan produk investasi pasar modal yang aman, terjangkau, minim risiko dan memiliki imbal hasil (return) yang lebih baik ketimbang produk investasi perbankan seperti tabungan dan deposito.

Anda bisa berinvestasi reksa dana online melalui supermarket reksadana, tempat yang khusus menjual beragam produk secara online, aman dan tepercaya. Sama seperti belanja online lainnya, Anda bisa melakukan transaksi investasi kapan saja dan di mana saja melalui desktop, laptop, tablet, atau smartphone. Anda tertarik untuk berinvestasi reksa dana di supermarket reksa dana? Simak ulasan tips aman belanja reksa dana online :

Mengenal Produk Investasi Reksa Dana via expertbeacon.com

Hal pertama yang wajib untuk Anda pahami sebelum berbelanja produk investasi secara online adalah memahami produk yang ingin Anda beli. Khusus bagi pemula, Anda yang belum pernah berinvestasi sama sekali, memahami produk investasi yang akan Anda beli itu penting agar terhindar dari jebakan investasi palsu atau investasi bodong.

Khusus reksa dana, sebelum Anda berbelanja online, Anda harus mengenal tentang reksa dana. Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat (27), Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek (instrumen investasi pasar modal yang berupa Efek Pasar uang, Efek Hutang atau Efek saham) oleh Manajer Investasi yang telah mendapatkan ijin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keunggulan reksa dana antara lain dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional yang memiliki keahlian khusus dalam bidang pengelolaan dana. akan membantu Anda melakukan riset, menganalisa dan memonitoring harga efek hingga memberikan laporan portofolio reksa dana untuk Anda. Keunggulan lainnya, reksa dana merupakan investasi yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp100.000,- untuk membeli reksa dana online.

Tips: Baca prospektus reksa dana sebelum Anda berinvestasi, subscription/pembelian harus berdasarkan pada prospektus terkini. Pahami, reksa dana adalah produk pasar modal, bukan produk bank, sehingga tidak dijamin oleh bank serta tidak termasuk dalam cakupan objek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. Investor wajib membaca prospektus dan memahami risiko reksa dana sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Pahami Cara Investasi Reksa Dana via ethos3.com

Setelah memahami hal mendasar tentang reksa dana, Anda juga harus memahami jenis, tujuan dan jangka waktu investasi Anda. Reksa Dana terdiri dari beberapa jenis berdasarkan aset yang dikelolanya, antara lain reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, reksa dana campuran dan reksa dana pasar uang.

Pada awal membeli Reksa Dana, Anda selaku investor akan menerima unit investasi yang dihitung berdasar jumlah yang dibeli dan nilai NAB (Nilai Aktiva Bersih) per unit terkini. NAB adalah jumlah dana yang dikelola dalam suatu reksa dana. NAB atau harga per unit merupakan salah satu indikasi untuk memonitor performa reksa dana. Perkembangan reksa dana Anda bisa diamati dari perubahan persentase NAB. Umumnya, NAB dihitung berdasarkan harga penutupan di pasar dari aset pokok.

Tips: Pilihlah jenis reksa dana yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Setiap jenis reksa dana memiliki karakter dan keunggulan masing-masing, sesuaikan pilihan investasi Anda dengan profil investasi Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan diversifikasi agar hasil investasi yang diperoleh bisa termaksimalkan.

Investasi dengan Belanja Reksa Dana Online via telegraph.co.uk

Membeli reksa dana online itu mudah, praktis, aman dan terjangkau setoran awal investasi mulai dari Rp100.000,-. Saat ini hanya ada beberapa pilihan tempat yang menawarkan pembelian reksa dana secara online yakni Indo Premier Securities, Phillip Securities dan .

Indo Premier Securities memperkenalkan IPOT FUND dengan konsep layanan supermarket reksa dana online pertama di Indonesia. IPOT FUND menawarkan ragam reksadana terlengkap di Indonesia, dengan 29 Manajer Investasi, 140 reksa dana. Gratis biaya transaksi pembelian dan penjualan reksa dana dengan satu akun yang terintegrasi mulai dari proses registrasi, pembayaran hingga laporan dari manajer investasi dan real online dan tidak memerlukan tanda tangan basah.

Cara belinya: Anda harus memiliki rekening IPOT Fund. Cara membuat rekening Umum / Syariah bisa daftar online ke website . Selain itu, IndoPremier menyediakan layanan pengisian data registrasi via telepon. Anda akan mengisi formulir secara online, setelah itu IPOT Fund akan mengirimkan formulir yang terisi lengkap dalam bentuk PDF yang perlu anda tanda tangani di atas materai. Kelengkapan dokumen lain yg dibutuhkan hanya fotokopi/scan KTP, NPWP dan halaman pertama buku tabungan. Untuk wilayah Jakarta, dokumen Anda akan dijemput, untuk domisili di luar Jakarta, dokumen perlu dikirimkan via pos. Setelah tiga hari, akun anda bisa langsung aktif dan digunakan untuk belanja reksa dana online. Nantinya, Anda juga memiliki rekening efek / Rekening Dana Investor (RDI) atas nama Anda sendiri. Dana Anda untuk pembelian reksadana di IPOT Fund ditransfer ke rekening efek tersebut dan akan terintegrasi ke aplikasi IPOT Fund. Sehingga, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk belanja reksadana online kapan saja dan di mana saja.

Phillip Securities Indonesia memiliki Phillip ReksadanaKu sebagai platform transaksi jual beli reksadana secara online, cukup dengan melakukan klik, kapan saja dan di mana saja Anda berada. Tersedia banyak pilihan jenis reksadana di indonesia dari Manajer Investasi pilihan.Anda bisa berinvestasi produk reksadana dengan fee transaksi mulai dari Rp 0.

Cara belinya: Membuka Rekening Dana Investor (RDI) di website milik Phillip Securities Indonesia,. Isilah data Anda yang sebenarnya pada form yang diminta, kemudian print dan tandatangani form tersebut sesuai bank RDI yang Anda inginkan . Isi semua data yang diminta, dan lampirkan KTP, NPWP, dan cover depan buku tabungan. Setelah dikirim, aplikasi dan data Anda akan diproses oleh Phillip Securities Indonesia. Tunggu saja dan nantinya, Anda akan diinfokan lebih lanjut terkait RDI dan akun Phillip ReksadanaKu. Setelah jadi, Anda bisa mentransfer sejumlah dana ke rekening RDI Anda sebagai deposit, lalu Anda bsia menggunakan uang tersebut untuk belanja reksa dana secara online kapan saja dan di mana saja.

Commonwealth Bank memiliki layanan AutoInvest yang memberikan kemudahan untuk berinvestasi pada reksa dana secara berkala dengan jumlah investasi yang terjangkau. Hanya dengan Rp100.000,-. Commonwealth Bank bekerja sama dengan berbagai Manajer Investasi yang profesional dan telah mendapatkan izin dari OJK. Anda bisa mulai berinvestasi pada reksa dana menggunakan fasilitas pendebetan berkala secara otomatis setiap bulannya, tanggal dan jangka waktu investasi fleksibel diatur sesuai keinginan nasabah.

Cara belinya: Anda memenuhi persyaratan usia yaitu 21-75 tahun atau sudah menikah. Memiliki rekening di Commonwealth Bank dan mengisi Formulir Pembelian dan Kuesioner Profil Risiko. Selanjutnya, jika Anda sudah menjadi nasabah, Anda bisa langsung membeli dan penjualan reksadana melalui layanan Internet Banking dan Mobile Banking Commonwealth Bank.

Berinvestasi tidak lagi ribet dan menunggu memiliki modal besar. Reksa dana menawarkan banyak manfaat positif dengan harga terjangkau dan memiliki imbal hasil investasi yang lebih tinggi dibandingkan produk investasi perbankan. Jadilah investor pintar, mulailah berinvestasi reksa dana. Belanja reksa dana secara online itu praktis, mudah dan aman.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!